Ngotot Management Style

Tiap pemimpin memiliki gaya manajemen tersendiri, yang umumnya sesuai dengan karakter pribadinya. Gaya manajemen seorang pemimpin, memiliki pengaruh yang sangat besar bagi perusahaan atau organisasi yang dipimpinnya. Gaya manajemen tersebut, juga sangat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam menciptakan serta mempertahankan budaya organisasi yang produktif.

Tantangan dalam dunia bisnis selalu berubah, dan perubahan ini menuntut orientasi manajemen yang juga berbeda seiring dengan perubahan yang ada. Para owner, CEO, maupun para top eksekutif lainnya, secara umum diwajibkan memiliki kemampuan analisa yang baik dalam memutuskan waktu yang tepat untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada. Namun, bagi David Sarnoff, hal ini nampaknya sebuah pengecualian.

David Sarnoff merupakan pimpinan RCA ( Radio Corporation America), sebuah perusahaan elektronik paling terkemuka di dunia (pada zamannya). Perusahaan ini berdiri tahun 1919 dan ditutup tahun 1986.

Dengan memanfaatkan kekuatan radio dan televisi, David Sarnoff mampu menjadikan RCA salah satu perusahaan paling tangguh dan kompetitif di dunia. David Sarnoff yang ngotot dan sangat percaya dengan kekuatan teknologi, menjadikan RCA juga memiliki fokus yang sama, yaitu teknologi!

Pada awal-awal hadirnya televisi, teknologi memang memegang peranan paling penting. Namun, seiring dengan semakin umumnya televisi dimana-mana, membuat bergesernya kedigdayaan teknologi televisi ke arah keunggulan konten televisi. Dan sangat disayangkan, meski memiliki NBC, RCA di bawah pimpinan Sarnoff tak mau beradaptasi sesuai perubahan yang ada.

Selain itu, ia juga tak mau mengakui keunggulan teknologi dari pihak lain, terutama dari industri elektronik Jepang. Sehingga, daripada bekerjasama dengan pihak lain, ia terus-menerus mengembangkan dan berinvestasi dalam teknologi. Kengototan Sarnoff inilah yang akhirnya menentukan nasib RCA. Dari sebuah perusahaan (dan merek) paling ternama, hingga kini menjadi suatu entitas yang hampir tidak lagi dikenal.

Untuk bisa sukses dan bertahan dalam jangka panjang, seorang CEO dan top eksekutif lainnya perlu memahami dan mengelola setiap perubahan, sehingga selalu seiring dengan tuntutan konsumen maupun tuntutan teknologi.

Jadi, bagaimana gaya manajemen Anda atau pimpinan Anda? Fleksibel dan tanggap terhadap perubahan, ataukah ngotot seperti halnya David Sarnoff?


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


DAPATKAN SERTIFIKAT KOMPETENSI

Perbesar Peluang Karir dan Kerja

“Seseorang itu diterima kerja / dipromosikan karena skills, dan disukai atau tidak disukai lingkungan kerja karena attitude.”