Dari Sopir ke Assessor BNSP

Dodi Surahman namanya. Sejak bertemu saat kami mengadakan TruckMagz School untuk para pengemudi truk di beberapa kota di Indonesia, saya tahu dia driver yang berbeda. Niat belajarnya tinggi. Saat itu dia jadi Juara I TruckMagz School Defensive Driving Provinsi Banten.

Sejak awal, dia menunjukkan minat maju yang tinggi. Ketika aku mengadakan TruckMagz School di JIEXpo Jakarta, dia datang dari Jepara. “Bu, saya sudah sampai di Jakarta, nanti siangan ke lokasi,” katanya saat baru tiba di stasiun bus. Dia atur jadwalnya, sempatkan belajar di sela-sela nunggu muatan, dan sisihkan uangnya untuk ikut pelatihan.

Aku bercita-cita ada trainer dan asesor pengemudi angkutan barang bersertifikasi BNSP yang berasal dari pengemudi. Selama ini kebanyakan dari non-driver, yang dari sisi pengalaman di jalan, jika mengajar, mereka tak tahu banyak. Bertemu Dodi, asaku seperti akan tercapai.

Dodi adalah “program” uji cobaku. Uji coba menjadikan pengemudi truk naik kelas jadi pelatih dan asesor. Setelah November lalu kompeten menjadi asesor bersertifikasi BNSP, kemarin Dodi berhasil menguji driver di tempat kerjanya, disaksikan Komite Manajemen Mutu dan Standardisasi LSP Ekosistem Multimoda Indonesia tempatnya bernaung.

Pagi ini dia kirim foto dan berterima kasih padaku. “Dodi ingin belajar public speaking sama Ibu biar percaya diri dan ga grogian, bisa dibantu ya Bu?” Siaapp!!


Masalahnya sekarang, tidak semua orang berusaha maju. Maju itu perlu usaha, bukan sekadar keinginan. Dodi adalah sosok driver yang berhasil mengatasi hambatan dalam dirinya.

Ketika training jadi asesor, dia belajar lebih lama dibandingkan peserta lainnya. Sudah selesai training, malam hari dia minta diajarin lagi sehingga menguasai materi harian dengan baik.

Dia juga mau menyisihkan uangnya untuk belajar. Sebagian orang berfokus pada jangka pendek, yaitu mencukupi kebutuhan pangan dan sandang saat duit pas-pasan. Tapi dia mau berpikir jangka panjang, investasi belajar. Ini cara berpikir kalau ingin maju.

Dodi bisa naik kelas, dari pengemudi truk jadi asesor. Masak kalian ga bisa?

Penulis : Ratna Hidayati > https://www.linkedin.com/in/ratna-hidayati-rh140676/


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


DAPATKAN SERTIFIKAT KOMPETENSI

Perbesar Peluang Karir dan Kerja