Quality Control 7 Tools

Beberapa hari lalu saya memposting mengenai QC kan ? nah kali ini ada lanjutannya teman-teman. Kali ini Dimas akan Sharing sedikit tentang QC 7 Tools.

QC 7 Tools merupakan sebuah perlengkapan statistik yang dapat digunakan dalam proses pemecahan suaru masalah di pekerjaan dan mengusahakan perbaikan hasil dan proses kerja.

Apa saja sih Komponennya?

  1. Check sheet : merupakan tools yang berbentuk formulir tabel sebagai alat pengumpul data dan memerika kondisi.
  2. Pareto Diagram : Berupa grafik batang yang menunjukkan masalah berdasarkan urutan banyaknya jumlah kejadian.
  3. Fishbone Diagram (Tulang Ikan) : Merupakan suatu diagram yang menggambarkan hubungan sebab akibat dengan prinsip 5 Why.
  4. Scatter Diagram : Merupakan sebuah bentuk penyajian visual dari data berpasangan yang menggambarkan korelasi antara dua variabel dari kelompok data dengan kelompok data berbeda.
  5. Graphic Diagram : Termasuk tools yang umum digunakan untuk memvisualisasikan data agar mudah dipahami, dapat berupa grafik garis, batang aatau lingkaran
  6. Control Chart: Merupakan sebuah grafik garis yang memperlihatkan apakah suatu proses masih dalam batas/ garis kendali atau tidak.
  7. Histogram : Merupakan grafik garis yang memperlihatkan apakah suatu proses masih dalam batas/ garis kendali atau tidak.

Nah itu sedikit tentang komponen apa saja yang umumnya digunakan dalam Memonitoring dan verifikasi kualitas suatu produk. Ada yang mau Sharing sering menggunakan tools yang mana?

Penulis : Dimas Ramadhan > https://www.linkedin.com/in/dimasfahmiramadhan/


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


DAPATKAN SERTIFIKAT KOMPETENSI

Perbesar Peluang Karir dan Kerja