3 Alasan Tidak Lolos Interview

“Mbak Mil, saya sudah beberapa kali interview, dan yakin lolos. Tapi kenapa tiba-tiba gak lolos juga? Apa mungkin saya disalip orang dalem?”

Kemungkinannya banyak.

1 Ada kandidat lain yang memang lebih cocok dibandingkan Anda.

Seringkali Recruitment itu bukan bicara tentang siapa yang paling bagus, tapi siapa yang paling cocok dengan posisi dan kondisi perusahaan.

2 Anda memang tidak lolos, tapi recruiter bersikap manis, dan sulit menyampaikannya.

Bisa jadi karena Recruiternya yang tipikal very nice guy, atau dari sisi Anda-nya yang terlihat belum matang, dan cenderung sulit menerima kenyataan

3 Requirement Job Positionnya berubah.

Misalnya tiba-tiba user minta harus yang sudah pengalaman di industri sejenis, atau tiba-tiba klien yang minta sertifikasi tertentu dalam persyaratan tender

Apapun alasannya, saran saya move on aja.
Berhentilah berkutat terlalu lama pada Job Opening Position yang tidak memberi kepastian kepada Anda, apalagi jika mereka sudah jelas-jelas menyampaikan Anda tidak lolos proses seleksi.

Move On! Jangan sampai karena terlalu fokus kepada perusahaan yang menolak Anda, Anda tidak dapat melihat kesempatan lainnya yang menanti Anda.

Good Luck!

Penulis : Milka Santoso > https://www.linkedin.com/in/milkasantoso/


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


DAPATKAN SERTIFIKAT KOMPETENSI

Perbesar Peluang Karir dan Kerja

“Seseorang itu diterima kerja / dipromosikan karena skills, dan disukai atau tidak disukai lingkungan kerja karena attitude.”