Sabar dengan Proses

Sabar! Jangan maunya jadi mie instan yang cepat jadi tapi nggak bergizi.

Saya cukup sering mendengar pekerja muda complain karier mereka stuck dan nggak berkembang. Sudah capek-capek kerja tapi masih belum dapat promosi. Padahal ternyata, mereka baru bekerja satu sampai dua tahun saja. Bahkan ada juga yang sudah mengeluh seperti itu hanya setelah bekerja beberapa bulan lamanya.

Wajar saja ingin ada pengembangan karier, tapi bukan berarti boleh jadi tidak sabaran. Daripada menghabiskan banyak waktu untuk mengeluh dan melamar pekerjaan baru ke sana-sini, kenapa tidak berusaha upgrade diri terlebih dahulu? Pindah ke tempat baru tapi jika belum punya peningkatan kompetensi kemungkinan besar hanya akan kembali mulai dari level staf lagi.

Ketidaksabaran bisa membuat kita mementingkan kecepatan tanpa memedulikan kualitas diri sehingga ujung-ujungnya malah jadi semakin jauh dari goal yang ingin dicapai. Inilah sebabnya ada pepatah yang bilang; patience is a virtue.

Jika ingin naik ke level yang lebih tinggi, pastikan kualitas diri kita juga sudah naik ke level yang lebih tinggi. Bersabar dalam berproses agar tidak malah merugikan masa depan karier kita sendiri.

Keep fighting for your future but be patient on the process.

Patience, persistence, and perspiration make an unbeatable combination for success.

Napoleon Hill

Penulis : Riffa Sancati > https://www.linkedin.com/in/riffa-sancati-60527b9a/


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


DAPATKAN SERTIFIKAT KOMPETENSI

Perbesar Peluang Karir dan Kerja