3 Hal Ini yang Bisa Merubah Hidup Anda

Bagi seorang pekerja, FreshGraduate atau bahkan jobseekers sekalipun upgrade skill adalah sesuatu yang wajib dilakukan.

Setidaknya harus ada standart sendiri yang harus ditetapkan untuk skala peningkatan kompetensi diri.

Misalnya di hari kemaren jika dalam skala 1 sampai 10 kompetensi dan penguasaan Bahasa Inggris saya di level 6, maka hari ini saya harus bisa merubah menjadi 7 atau 8 yang menjadi tolak ukur lebih baik.

Selama ini seseorang hanya fokus pada 2 hal saja dalam melakukan upgrade skills yaitu :

  1. Hard Skill
  2. Soft Skill

Padahal ada 1 tambahan yang seharus nya menjadi pondasi paling kuat sebelum melakukan upgrade HardSkills dan SoftSkills yaitu Mindset atau cara berpikir.

Gambar saya ambil dari IG account HabisKerja

HardSkills lebih mengutamakan skill practice seperti kompetensi di IT, lebih spesifik ke Digital Marketing, Google Ads atau skill mengelola media sosial LinkedIn, IG atau FB dalam memasarkan produk.

SoftSkills lebih fokus kepada skill yang memberikan dampak psikologis ke kemampuan yang berhubungan dengan pihak lain secara langsung seperti Leadership, Communication Skill, Presentasi dan Time Management.

Mindset atau cara pandang justru yang seharusnya menjadi skala prioritas yang wajib di upgrade, yaitu bagaimana Kita bisa :

  • Mengurangi keluhan
  • Tetap semangat
  • Jangan menyerah

Mindset lebih tidak terlihat orang lain tapi lebih ke back to yourself, bagaimana Kita bisa memanajemen diri secara emosional.

Jika HardSkills dan SoftSkills lebih berhubungan dengan orang lain dalam memberikan penilaian dan evaluasi.

Maka di Mindset lebih ke kemampuan diri menambah Value diri menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Penulis : Prasetyo Adi nugroho > https://www.linkedin.com/in/prasetyo-adi-nugroho-spil/


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


DAPATKAN SERTIFIKAT KOMPETENSI

Perbesar Peluang Karir dan Kerja

“Seseorang itu diterima kerja / dipromosikan karena skills, dan disukai atau tidak disukai lingkungan kerja karena attitude.”