3 Tips supaya Teliti dalam Bekerja

Seberapa penting ketelitian dalam bekerja?

Ketelitian secara harfiah memiliki makna keseksamaan dalam melakukan tindakan yang sesuai dengan pedoman yang telah ditentukan (manual book). Ketelitian seseorang dalam bekerja akan mempengaruhi kualitas produk atau jasa yang dihasilkan. Berbicara tentang kualitas produk biasanya berhubungan dengan customer satisfaction, yang juga berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan. Semakin rendah tingkat kepercayaan customer, maka semakin terancam eksistensi perusahaan di masa depan.

Contoh kasus yang pernah saya temui: terdapat barang NG atau defect yang sampai ke vendor. Setelah ditelusuri akar permasalahannya memang pada saat proses produksi, bukan saat pengiriman atau kecelakaan. Tentu ini karena ketidaktelitian yang mempengaruhi kualitas barang.

Akibat yang ditimbulkan dari karyawan yang tidak teliti dalam bekerja cukup beragam. Mulai dari pengurangan jumlah permintaan, hingga customer atau vendor sampai melayangkan peringatan pemutusan hubungan kerja sama.

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang tidak teliti dalam bekerja. Beberapa diantaranya :

  1. Waktu deadline yang mepet
  2. Menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam satu waktu
  3. Kurangnya fasilitas penunjang
  4. Tidak fokus dalam bekerja
  5. Kurangnya pengetahuan

3 Tips Untuk Memastikan Ketelitian Dalam Bekerja :

1 Hindari Multitasking

Memang terdapat beberapa orang hebat yang dapat menyelesaikan tugas dalam satu waktu tanpa mengurangi kualitas pekerjaannya. Namun faktanya masih banyak juga orang – orang yang bekerja secara multitasking namun pekerjaannya tidak memenuhi standar. Maka yang perlu dilakukan adalah menyesuaikan antara Real Self dan Ideal Self.

2 Prioritaskan Tugas Utama

Pekerjaan mana yang lebih mendesak untuk diselesaikan dan membutuhkan perhatian lebih. Upayakan mengerjakan satu tugas secara tepat waktu, sehingga tidak ada pekerjaan terbengkalai.

3 Ciptakan Situasi Tenang dan Tanpa Gangguan

Seringkali ketidaktelitian seseorang karena tergesa – gesa dan banyak gangguan dari luar. Sisihkan waktu untuk benar – benar fokus terhadap pekerjaan yang sedang diselesaikan adalah pilihan yang tepat.

Berdasarkan contoh kasus diatas, pentingnya ketelitian dalam bekerja sangat menentukan citra personal maupun perusahaan tempat kita bekerja.

Penulis : Ari Eko Susilo > https://www.linkedin.com/in/ariekosusilo/


JADILAH LEBIH KOMPETEN

Dapatkan Sertifikat Kompetensi