7 Data yang Tidak Boleh di Share di Media Sosial

Bismillah..

Beberapa data pribadi rentan sekali disalahgunakan oleh pihak lain untuk kepentingan pribadi mereka.. Hindari menyebar data pribadi kita tersebut, termasuk di WA ataupun di Linkedin ini.. Hindari share data data berikut, jika teman teman memposting CV di media sosial misal Linkedin ini, di blur saja data yang termasuk data pribadi..

Check this out

Ada 7 data pribadi yang menurut saya tidak boleh di sebarluaskan, yaitu:

1 Nomor identitas pribadi

Seperti NIK KTP, SIM, Nomor KK, NPWP, nomor paspor, nomor plat kendaraan, nomor rekening bank, nomor kartu kredit, nomor keanggotaan (rumah sakit, gymnasium) dan lain lain. Sebisa mungkin hindari selfie dengan dokumen tersebut.

2 Foto dokumen pribadi

Seperti foto KTP, SIM, paspor, akta kelahiran, ijazah, tiket perjalanan, buku tabungan, slip gaji, boarding pass, sertifikat tanah dan dokumen pribadi yang bersifat rahasia lainnya.

Jadi hindari nih share tiket pesawat atau kereta kalau mau travelling, ini bisa menjadi info mengenai keberadaanmu, dan bahwa kamu tidak dirumah.

3 Nama panggilan, nama masa kecil atau nama ibu kandung

Nama panggilan atau nama masa kecil berpotensi disalahgunakan. Termasuk nama ibu kandung yang biasanya digunakan untuk konfirmasi data oleh pihak bank.

Kemarin ada cerita bahwa salah satu akun teman diretas, karena tidak sengaja share nama masa kecil dimana nama masa kecil ini digunakan sebagai pengaman password lapis 2.

4 Tanda tangan.

Jika dishare di media social, mudah sekali tanda tangan kita untuk dipalsukan. Apalagi tanda tangan yang ada di KTP ya teman teman, bisa bisa digunakan untuk membobol rekening tabungan kita.

5 Alamat lengkap dan nomor kontak.

Termasuk juga alamat rumah, alamat sekolah anak, alamat email personal (bukan untuk tujuan bisnis), nomor ponsel pribadi atau nomer telpon rumah.

Saya masih melihat teman teman share CV di Li, dimana nomer HP dan alamat lengkap masih tertera. Saran saya di blur kan saja.. Sudah banyak cerita dari rekan rekan, dihubungi orang yang tidak bertanggung jawab, karena mendapat info nomer HP dari Li.. Hindari memberikan gratis informasi pribadi kita ini ya..

6 Informasi medis seperti riwayat penyakit, alergi dan foto rontgen.

Informasi ini bisa disalahgunakan untuk mengakses rekam medis kamu, ataupun data kamu digunakan untuk menjual produk kesehatan.

7 Geolocation atau lokasi kamu saat ini

Banyak orang menggunakan informasi posisi saat ini untuk tindak kejahatan, misal merampok rumah yang sedang ditinggal pergi oleh tuan rumah, dll

Nah lebih berhati hati ya rekans, semoga kita semua dilindungi oleh Alloh SWT.. Aammiin2 YRA

Free to share

Penulis : Anna Y. > https://www.linkedin.com/in/anna-y-6a73b8a6/


JADILAH LEBIH KOMPETEN

Dapatkan Sertifikat Kompetensi