Aktivitas di Linkedin Yang Menarik Rekruter

Bismillah..

Ada pertanyaan ke saya, bagaimana cara yang tepat untuk menggunakan Linkedin ini? Apakah cukup komentar “Mau” dan “Interested” di postingan rekruter, atau seperti apa?

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, Linkedin saya gunakan untuk aktif dan pasif mencari kandidat.

Aktif itu artinya saat ada vacant position, maka saya share secara aktif mengenai job posting di Li, dan kandidat apply lewat Li, yang berakhir pada saya review profile dan CV mereka untuk diteruskan kepada tim rekrutmen untuk di follow up..

Pasif berarti, saya diam dan mengamati cara kandidat dalam menggunakan Li, baik komentar, lintasan pikiran/mindset/motivasi yang terlihat dari cara membuat komentar dan konten yang dibuat.. Setelah ada vacant position, maka saya akan tawarkan kepada kandidat yang telah saya amati tersebut.. Tentunya tetap melewati proses rekrutmen yang ada..

Oleh karena itu, berikut tips yang teman-teman bisa jalankan saat menggunakan Linkedin, dalam rangka mencari pekerjaan, atau personal branding :

  1. Follow beberapa tokoh yang berpengaruh, baca postingan mereka, dan buat dirimu noticeable dengan berkomentar “cerdas” mengenai postingan mereka
  2. Connect ke rekruter berpengaruh, sapa dan aktif perkenalkan diri, meliputi background pendidikan, domisili dan skill.. Aktif tawarkan bantuan.. Hindari ‘menyuruh’ rekruter, seperti, “jika ada info mengenai lowongan kerja yang sesuai, ibu bisa email ke alamat email saya…..” Ya kalii rekruter yang email kamu duluan gaes..
  3. Konsisten membuat postingan berkualitas.. Amati dan Tiru cara “influencer” membuat postingan.. Tidak harus setiap hari, bisa 2-3 hari sekali..
  4. Berkomentar kepada sesama #jobseeker untuk mendukung dan support postingan mereka, karena hal serupa juga akan kamu dapatkan saat kamu membuat postingan.
  5. Give give give.. Mindset memberi.. Tawarkan bantuan.. berikan komentar.. sapa koneksi baru.. berikan postingan yang insightfull untuk orang lain, dll..

PS; poin 5 adalah yang saya lakukan dalam 2 bulan terakhir..

Semoga Linkedin bisa menjadi media teman teman semua mendapat pekerjaan atau membangun koneksi, yang bermanfaat untuk karir di masa depan..

Silahkan share jika konten ini bermanfaat.. Goodluck ya teman..

Penulis : Anna Y. > https://www.linkedin.com/in/anna-y-6a73b8a6/


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


JADILAH LEBIH KOMPETEN

Dapatkan Sertifikat Kompetensi