Cara Berkomentar atau DM pada Postingan Job Vacancy Rekruter di LinkedIn

Bismillah..

Linkedin sekarang sering digunakan oleh para rekruter untuk post job vacancy dan mendapatkan kandidat yang berkualitas. Kenapa berkualitas? Karena Linkedin dipercaya digunakan untuk personal branding dan pengguna linkedin adalah para profesional, baik yang experienced maupun fresh graduate..

Saya sering melihat, ada job posting lalu teman-teman berkomentar “Interested”.. Yang menurut saya pribadi malah bikin rekruter gak interested..

Nah berikut cara supaya komentar kamu di job posting Linkedin berkualitas dan di lirik rekruter:

1 Baca job posting dengan teliti..

Ini menunjukkan kemampuan dirimu mengikuti arahan.. Jika rekruter menulis, “silahkan komen bagi yang berminat”.. Maka teman-teman komen di kolom komentar..

Jika tertulis, “silahkan DM bagi yang berminat”.. Maka teman-teman silahkan “connect” lalu #DM rekruter tersebut.. #connect ya, beda dengan #follow, klik titik 3 sebelah kanan lalu klik “Terhubung/connect”.
Karena “follow/mengikuti” itu tidak bisa DM, yang bisa DM adalah yang sudah terkoneksi..

2 Tulis format di komentar dengan format yang jelas, selain kata-kata yang diminta rekruter misal “Mau” atau kata-kata yang lain..

Contoh untuk freshgraduate:

Selamat pagi/siang Ibu/Bpk, perkenalkan
Nama: Anna Yuliani
Lulusan tahun: 2021 jurusan Manajemen SDM Universitas ABC
Skill: Basic HR Management, payroll, administrasi HR
Saya interest dengan posisi yang ditawarkan

Contoh untuk yang experienced:

Selamat pagi/siang Ibu/Bpk, perkenalkan
Nama: Anna Yuliani
Experience: HR Generalist 2 tahun di Perusahaan X
Skill: Payrol, administrasi BPJS, draft kontrak karyawan
Saya interest dengan posisi yang ditawarkan

Tapi jawaban ini jangan di copy paste ya teman-teman, jangan semua posisi pake template jawaban ini.. Sesuaikan skill yang dimiliki dengan posisi yang di apply.

3 Bisa ditambahkan dengan attach CV sekalian saat komen atau DM..

Tapi jika share CV di kolom komentar, pastikan data pribadi seperti tempat tanggal lahir dan alamat lengkap di hide.

Poin ke 3 opsional ajah ya. Kalo saya CV sekalian ajah di attach supaya kamu terlihat proaktif dan “menginginkan posisi” tersebut.
Tapi lihat-lihat kondisi juga ya.. Ada rekruter yang nulis spesifik, misal, komen “Mau” ajah nanti saya review profile nya, gak usah attach CV”.. Nah bisa juga gitu..

Dijamin rekruter notice komen kamu, karena ada data yang singkat yang menarik perhatian rekruter daripada kata-kata “Interested”..

Goodluck yaa teman-teman..

Penulis : Anna Y. > https://www.linkedin.com/in/anna-y-6a73b8a6/


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


DAPATKAN SERTIFIKAT KOMPETENSI

Perbesar Peluang Karir dan Kerja

“Seseorang itu diterima kerja / dipromosikan karena skills, dan disukai atau tidak disukai lingkungan kerja karena attitude.”