Gagal itu Biasa, Asalkan..

Gagal itu biasa, selama kita selalu memperbaiki diri dan berani untuk mencoba lagi.

Saya teringat ketika awal coba melamar kerja ke Jakarta. Saya benar-benar percaya diri, karena ya IPK lumayan oke, saya juga yakin matematika saya bagus, dan macam-macam keyakinan lainnya. Setelah mencoba dan gagal untuk pertama kalinya, saya langsung drop. Karena test untuk masuk kerja tidak semudah yang saya bayangkan. Saya melamar diperusahaan rokok waktu itu, tahap satu langsung lewat. Lalu next perusahaan lain, perusahaan perbankan. Melamar tapi ga pernah dipanggil. Hahaha..

Lalu melamar lagi di perusahaan rokok terbesar di Indonesia, gagal lagi dan cuma sampai tahap kedua. Tapi lumayan lah maju satu tahap, test inggris wes gagal. Sempat saya berpikir, ah sudah neh 3x gagal. Seharusnya sudah dapat piring cantik kali ya. Ketemu user aja belum pernah. Hahaha..

Akhirnya coba lagi lah di OT group dapat rekomendasi dari rekan sekost dulu, hari pertama sampai user. Hari berikutnya final interview dan diterima. Woahh akhirnya, senang sekali tentunya. Ternyata saya bisa kerja di Jakarta. Hahaha..

Apakah semudah itu cerita dibaliknya? Tentu tidak. Selama 3x percobaan gagal itu, saya selalu belajar cara menyelesaikan psikotest dengan cepat dan tepat dengan latihan di internet, download soal lalu kerjakan di kost-an. Di percobaan ke empat, itu psikotest mudah sekali. Saya sangat cepat mengerjakan psikotest, karena sudah biasa. Dan akhirnya di terima.

Jadi buat rekan-rekan yang masih cari kerja dan selalu gagal saat proses recruitment. Mohon pelajari setiap proses recruitment yang ada, analisa kelemahan rekan-rekan dimana dan perbaiki secara terus-menerus. Jangan lupa untuk tetap percaya diri juga di setiap kesempatan ya, karena pikiran kita membentuk REALITA kehidupan kita.

Semoga sukses dan sehat selalu rekan-rekan sekalian.

Penulis : William Wijaya > https://www.linkedin.com/in/william-wijaya-411339105/


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


JADILAH LEBIH KOMPETEN

Dapatkan Sertifikat Kompetensi