Kanban – Pull System

Di dalam Lean manufacturing kita mengenal sebuah tool bernama kanban.

Kanban adalah sebuah tool yang digunakan untuk mewujudkan Just In Time (JIT), ingat! Kanban bukan tujuan dalam implementasi Lean, kanban hanya sebuah tool.

Pull system atau sistem tarik pada prinsipnya adalah membuat apa yang diambil oleh customer atau proses setelahnya, kalau di TPS dikenal dengan sebutan Fill-up system atau dalam bahasa Jepang dikenal Ato hojuu (後補充).

Secara umum pull system dikenal dengan sebutan sistem supermarket, makanya di Lean, sebuah proses memiliki store atau toko / mise (bahasa jepang) seperti di supermarket, dimana customer atau proses setelahnya dapat mengambil barang yang diinginkan.

Contoh penerapan Pull System yang sederhana, dapat dilihat pada gambar animasi dengan keterangan sebagai berikut:

  1. Setiap proses memiliki store/toko/stok yang siap diambil oleh customer atau proses setelahnya.

Salah satu prinsip dari penempatan store adalah Tsukutta tokoro ni oku (作った所におく) yaitu menaruh barang/store didekat tempat pembuatannya, karena store adalah salah satu indikator abnormality proses. Kita dapat melihat abnormality suatu proses dengan melihat kondisi store nya.

  1. Di setiap store, setiap barang memiliki kanbannya masing-masing yang diletakkan di setiap container/box.
  2. Ketika customer datang membawa kanban A dan mengambil barang A di store Proses2, maka kanban yang ada di store akan lepas untuk digunakan sebagai instruksi Proses2 membuat kembali produk A.
  3. Kanban yang lepas dari store Proses2 digunakan untuk mengambil material yang ada di store Proses1
  4. Kanban yang lepas dari store Proses1 akan digunakan sebagai perintah produksi Proses1, yang akan digunakan untuk mengambil raw material, dan begitu seterusnya.

Demikian sharing singkat mengenai Kanban – Pull System.
Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

Penulis : Yaser Ali Husen > https://www.linkedin.com/in/yaseralihusen/


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


JADILAH LEBIH KOMPETEN

Dapatkan Sertifikat Kompetensi