Tips Lolos Probation Period

Setelah mendapat offering letter, jangan girang dulu. Biasanya ada masa percobaan yang biasa disebut “probation period”. Durasinya umumnya 3 bulan tapi bisa 6 bulan bahkan setahun.

Banyak calon karyawan terpaksa gugur di masa percobaan karena dipandang tidak sesuai dengan harapan manajemen perusahaan. Berikut tipsnya, semoga membantu.

  1. Di hari pertama biasanya anda akan diajak meeting oleh atasan anda. Simak dan catat semua keinginan manajemen terutama tanggal deadline dan kemukakan improvement apa yang hendak anda lakukan dalam meeting ini. IMPROVEMENT ini penting karena disinilah selling point dari calon karyawan.
  2. Pelajari anggota tim anda. Caranya anda rapat tertutup dengan HRD perusahaan. Gali karakter dan potensi anggota tim anda.
  3. Bersikaplah humble dan jangan menunjukkan sikap arogansi anda. Biarpun dalam posisi pimpinan, bisa jadi anak buah kelak jadi batu sandungan jika anda tidak disukai mereka.
  4. Pelajari cara kerja orang lama dan output apa yang dihasilkan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan atasan dan bawahan.
  5. Pelajari sistem operasi perusahaan. Jika anda perusahaan manufaktur, sempatkan untuk meninjau pabrik dan pelajari proses produksi.
  6. Setelah mendapatkan gambaran umum tentang perusahaan, tuangkan dalam kertas kerja pribadi Anda. Termasuk program kerja dan deadline setiap bulan dan tahun.
  7. Buat check list bulanan tentang apa yang menjadi output dan target anda. Jika anda seorang akuntan, closing bulan pertama adalah cara anda mengetahui performa tim anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan atasan atau bahkan orang lama yang sudah pindah tentang apa saja yang ingin anda ketahui.
  8. Setelah closing pertama sudah disetujui atasan, catat semua permasalahan dan pikirkan cara improvement nya.
  9. Closing bulan kedua diharapkan anda sudah lancar karena anda sudah tahu cara kerja dan improvement. Tetapi tetap anda harus rajin bertanya karena kemungkinan besar di bulan kedua masih ada hal-hal yang luput dari pengamatan anda.
  10. Bulan kedua ini sangat krusial, anda bisa mengamati apakah user anda puas terhadap performa anda atau sebaliknya. Meski begitu anda masih bisa memperbaiki di bulan berikutnya.
  11. Poin terpenting adalah selama probation period ini hindari konflik dengan lingkungan anda apalagi sampai terjadi perdebatan dan emosi. Kendalikan emosi anda, sebab bisa jadi kegagalan anda meraih simpati lingkungan baru anda akan berlanjut ke nasib anda selama probation period.

Setelah anda dinyatakan lulus probation period, ajaklah tim anda untuk makan-makan. Ini adalah cara anda berterima kasih atas kepercayaan mereka.

Semoga bermanfaat.

Penulis : Nurman Irawan, S.E., M.M., Ak., C.A. > https://www.linkedin.com/in/nurman-irawan-se-mm-ak-ca-0162322b/

Note: Kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


JADILAH LEBIH KOMPETEN

Dapatkan Sertifikat Kompetensi