Malas Baca

Dear jobseeker freshgrad,

Di tengah pandemi ini, persaingan semakin super ketat. Inisiatif dan analisa kalian jadi pembeda kualitas dari jobseeker lainnya.

Saat HR perusahaan memposting lowongan kerja, jangan malas baca isi dari postingan loker tersebut. Jangan berperilaku seperti yang amatir banget. Misalnya, sudah jelas dicantumin penempatan di Jakarta Selatan dan lulusan Akuntansi, nanya lagi ‚ÄúPenempatan dimana? Untuk lulusan blabla ada gak ?”.

Daripada nanya yang gak penting, lebih baik googling perusahaannya. Cari tau sendiri gimana perusahaannya. Kalau merasa cocok, langsung apply dengan CV terbaik, tulis posisi yang diminati di subject email.

Salah satu problem utama dari jobseeker freshgrad adalah males baca. Males baca semuanya, malas baca sampe ngerti. Suka nanya dulu ketimbang menganalisa postingan lokernya. Bisa dibilang caper, iya juga. Lebih parah lagi udah banyak nanya nih, tapi enggak diapply, padahal bisa jadi cocok dengan backgroundnya.

Terkadang arahan kerja itu jadi barang mewah dan langka di dunia kerja. Dan arahan kerja itu suka random. Inisiatif dan analisa kalian jadi senjata penting untuk menyelesaikan pekerjaan dan masalah di kantor nantinya. So, mulai lah lebih profesional dalam mencari kerja. And never give up!

By Ajib Badri > Profile Linkedin : https://www.linkedin.com/in/ajibbadri/