Bursa Transfer

Harga pasaran pemain sepakbola terjun bebas akibat pandemik. Dulu Paul Pogba bisa dibandrol 150 juta pound. Saat ini pemilik club berpikir 2x meskipun harganya di discount 50%. Bagiamana dengan kondisi bursa transfer employee?

3 bulan lalu saya menginterview fresh graduate sarjana untuk posisi junior staff. Saat saya tanyakan ekspetasi salary, dengan yakin dan percaya diri dia mengajukan permintaan seharga motor café racer Kawasaki W175. Saya jenggirat kaget, jantung mau loncat saat itu.

Situasinya berbalik 180 derajat sekarang. Kemarin saya meng-interview seorang fresh graduated, lulusan master dari kampus top. Pemuda ini mature. Cara menjawab pertanyan runut, logikanya jernih, bahasa Inggrisnya excellent. Saya serasa menginterview fresh graduate rasa manager. Tiba saat pertanyaan ekspetasi salary,

“Berapa salary yang diharapkan “ tanya saya
“Terserah kebijakan perusahaan, UMR pun OK pak “ jawabnya dengan suara lirih. Dari keterangannya, dia sudah melamar ratusan perusahan dan interview puluhan kali. Pandemik ini juga membuat situasi semakin rumit.
Rasa percaya dirinya sudah melorot dibawah pinggang.

Ternyata pandemik ini tidak hanya mengobrak-abrik bursa transfer pemain bola, tetapi juga bursa lainnya juga.

By Anang Nurpianto > https://www.linkedin.com/in/anang-nurprianto-999a6498/