Mbelgedhes People

Ada seorang teman yang posting kalimat motivasi di Linkedin. Tak berapa lama, salah seorang rekannya mengomentari “Lu ngapain posting motivasi di Linkedin , kita gak butuh motivasi, kita butuh opportunity”. “Kita butuh kerja bukan kata-kata”.

“wah, garang betul ini orang..” pikir saya..

Tentu saya jadi kepo dong. Mulailah lihat-lihat profil yang bersangkutan. Sekian belas tahun bekerja, pindah-pindah perusahaan. Tapi sayang, jabatannya cuma disitu saja. Tidak ada kenaikan sejak pertama kali kerja! Lihat skill-nya, kosong melompong (mungkin karena tidak di isi). Dan hampir 2 tahun ini tidak bekerja. Sibuk melamar sana-sini. Pakai kalung hijau.

Ini nih tipe orang yang cocok dimasukkan dalam kategori mbelgedhes. Kosong isinya, banyak maunya, minim effort-nya. Jangan dicontoh ya.

Padahal opportunity itu melimpah dimana-mana. Gak kerja jadi karyawan pun bisa menghasilkan uang. Kan ini jaman internet. Wong jualan foto diri pakai NFT saja bisa dapat milyaran.

Mau opportunity yang lain? Nih, jadi affiliate. Bisa Amazon, Clickbank, atau yang lain. Perusahaan saya, eTraining.id juga punya program affiliate. Tinggal bikin akun saja, gak perlu bayar apa-apa untuk jadi affiliate. Malah dapat sign-up bonus Rp 50K. Monggo, terserah mau ikut yang mana.

Lagipula situ sudah punya Linkedin atau akun medsos yang lain. Plus suka komentari postingan orang lain. Kan wes cocok kalau jadi affiliate.

Bikin saja postingan sendiri. Berisi tips atau pengalaman hidupmu, taruh link atau kode kupon affiliate-mu di dalamnya. Sambil nyari info lowongan kerja. Gitu kan enak. Cari kerja, sekaligus personal branding, sekaligus cari cuan.

Tapi ya gitu.. Jangan minta hasilnya instan. Di dunia ini tidak ada yang instan. Bahkan mie instan saja masih perlu direbus. Tul gak?


Supaya karir meningkat,

TERUS KEMBANGKAN KOMPETENSIMU

Ikuti training online yang memberikan sertifikat bukti kompetensi.
Sertifikat diakui oleh industri manufaktur, mining, hingga perkebunan.
Diterima di Indonesia, Mongolia, Vietnam, Malaysia, dan Timor Leste.