Melawan Lupa!

Satu bulan setelah mengikuti sebuah training, berapa persen dari materi training yang masih anda ingat? Tiga bulan setelah training, berapa persen materi training yang masih Anda ingat? Kami berani bertaruh, bahwa setiap peserta training, seiring waktu berjalan, semakin melupakan materi pelajaran dalam training yang telah diajarkan kepadanya.

Inilah sebabnya, banyak perusahaan training provider yang menyarankan untuk mengikuti kembali sebuah topik training secara berkala. Sebagai refreshment training. Untuk menyegarkan ingatan kita akan materi yang telah kita pelajari.

Sebagai peserta, tentu kita sangat mengapresiasi saran tersebut. Tapi, berapa banyak peserta training yang benar-benar melaksanakan saran tersebut? Hampir tidak ada. Terlebih bila kepesertaanya dibayari oleh perusahaan.

Kenapa bisa begitu?

Pertama, karena para alumni training tak mau repot lagi menyesuaikan jadwal kerjanya dengan jadwal public training. Kedua, alumni tak mau repot minta ijin atasan, hrd, atau person in charge lain yang menangani urusan training (dan belum tentu pula di ijinkan).

Sedangkan yang ketiga (ini yang paling penting), alumni enggan membayar lagi. Biaya mengikuti training sungguh tidaklah murah. Sekarang, biaya public training di Jakarta, dengan durasi 2 hari, telah mencapai harga Rp 3,75 juta / orang.

Problem seperti inilah yang membuat kami menciptakan Integra eTraining. Layanan training online yang pertama di Indonesia.

Setiap member yang mengikuti sebuah pelajaran eTraining, memiliki waktu aktif selama 2 tahun dalam pelajaran tersebut. Sehingga, dalam jangka waktu tersebut, Anda bebas “memutar” kembali pelajaran yang telah dijalani.

Contohnya begini :

Tanggal 10 oktober 2014, Anda membeli eTraining berjudul “Change Management“. Setelah melakukan pembayaran, maka Anda pun mulai mengikuti pelajarannya. Salah satu pembahasan dalam eTraining ini adalah metode dan tahapan untuk mengidentifikasi key player dalam organisasi.

Setiap pelajaran eTraining tersebut memiliki masa aktif 2 tahun. Jadi, bila Anda melakukan pembelian tanggal 10 Oktober 2014, maka pelajaran tersebut akan kadaluarsa (tidak aktif) tanggal 10 oktober 2016.

Singkat cerita, karena Anda sangat rajin, ulet, dan tekun, maka Anda berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pelajaran “Change Management” pada tanggal 12 Oktober 2014.

Ternyata 3 bulan kemudian, Anda mendapat tugas untuk mengidentifikasi para key player dalam organisasi. Untuk melakukan identifikasi ini, diperlukan metode dan tahapan tertentu. Sayangnya, meski sudah dibahas dalam eTraining, Anda lupa detail tiap tahapannya.

Supaya bisa ingat, Anda hanya perlu login lalu “memutar” kembali topik pelajaran yang Anda inginkan. Tidak perlu membayar hanya untuk me-refresh ingatan Anda. Bahkan selama masih berada pada masa aktif, Anda bisa “memutar” kembali topik pelajaran tersebut kapan pun Anda mau.

Dengan eTraining, maka kita tak perlu khawatir lupa akan materi yang telah dipelajari. Karena kita bisa mengaksesnya sewaktu-waktu.

Enaknya lagi, kita tak perlu mengajukan ijin, mengatur jadwal, atau bahkan membayar biaya tertentu, hanya untuk mempertahankan sebuah pengetahuan dalam ingatan kita.


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


DAPATKAN SERTIFIKAT KOMPETENSI

Perbesar Peluang Karir dan Kerja

“Seseorang itu diterima kerja / dipromosikan karena skills, dan disukai atau tidak disukai lingkungan kerja karena attitude.”