Peran Lean Six Sigma untuk Customer

Peran Lean Six Sigma dalam memberikan yang terbaik untuk customer.
(SETUJU?)

Dalam pasar persaingan yang sangat ketat hari ini, kita dituntut untuk terus memperbaiki produk. Baik dari segi menghilangkan pemborosan, meningkatkan kualitas produk, atau mempercepat delivery time. Setiap perbaikan tersebut akan meningkatkan kepuasan pelanggan, entah nanti si pelanggan dapat harga lebih murah, atau produk lebih bagus, atau produk yang tiba lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Ketiga hal tersebut pasti sangat berarti sekali untuk customer.

Lalu bagaimana cara melakukannya? Salah satu cara untuk melakukan hal diatas adalah dengan menggunakan Lean Six Sigma. Dimana Lean Six Sigma akan membantu perusahaan untuk menghilangkan pemborosan, meningkatkan kualitas produk, atau mempercepat delivery time. Lean Six Sigma akan membantu perusahaan memenuhi kebutuhan customer yang selalu minta CeMuMu (Cepat, Murah, Mudah) Bukan Cemungut ya. hahahaha.

Dalam hal hidup kita pun sebetulnya sama, kita dianggap sebagai produk yang dijual kepada customer (Perusahaan / Klien Usaha) kita. Dimana perusahaan pasti ingin karyawan yang efisien, kinerjanya bagus, dan juga cepat dalam mengerjakan pekerjaan. Walaupun tidak bisa dicapai secara cepat, tapi dengan metode Continues Improvement misalkan 1% saja perbaikan setiap hari dengan cara kita belajar hal-hal baru, maka dalam waktu satu tahun, kita akan mendapatkan diri kita tumbuh sebanyak 37x lebih BAIK dari tahun sebelumnya.

Jadi jangan lupa ya untuk memperbaiki diri, mungkin hari ini kita biasa saja. Tapi jika rekan-rekan menerapkan Lean Six Sigma (Menghilangkan pemborosan/Efisien, meningkatkan kualitas produk, mempercepat delivery job) ke dalam kehidupan pribadi rekan-rekan, maka pertumbuhan secara Compounding akan terjadi dalam hidup rekan-rekan. Suatu saat PRODUK atau DIRI rekan-rekan akan dibayar mahal oleh perusahaan yang membutuhkan orang-orang yang luar biasa seperti rekan-rekan sekalian.

Semoga sukses dan sehat selalu rekan-rekan sekalian.

Penulis : William Wijaya > https://www.linkedin.com/in/william-wijaya-411339105/


Supaya karir meningkat,

TERUS KEMBANGKAN KOMPETENSIMU

Ikuti training online yang memberikan sertifikat bukti kompetensi.
Sertifikat diakui oleh industri manufaktur, mining, hingga perkebunan.
Diterima di Indonesia, Mongolia, Vietnam, Malaysia, dan Timor Leste.