Selama Skill Mumpuni, Usia Bukan Penghalang

Kegembiraan hidup setelah pensiun cuma berlangsung setahun. Awalnya happy. Menikmati hidup setelah rutinitas urus maintenance mesin2 pabrik. Tapi tidak berlangsung lama, mendadak di rumah tidak ada kerjaan. Ada aja sakitnya. Tiap hari keluhan banyak. Pergi dokter sana sini. Akhirnya dia memiliki kesimpulan, harus kerja lagi. Tapi kerja dimana? Usia sdh 60 thn.

Saya sempat kasih advice dicoba dulu cari kerja lewat LinkedIn ,tapi dia gak kenal Linkedin. Saya bantuin buat. Dan kemudian entri pengalaman dia dari dulu sd skg. Termasuk sertifikat yg dimiliki. Jadilah Linkedin profile yang good. Anyway setelah diajarin sedikit, ternyata bisa.

Saya mengatakan. Pasarnya masih ada. Apalagi Bapak mengerti mesin-mesin jenis X, Y, Z. Coba itu ditonjolkan. Apalagi mesin2 itu kelihatannya masih banyak dimiliki manufacturing saat ini.

Belajar interview zoom, google meet. Semua belajar dan bisa !

2 bulan melamar tidak ada hasil.

Sempat bilang ke saya, dirinya sudah tidak laku. Saya bilang coba lagi.

Dicoba lagi sebulan lagi. Ada panggilan interview cuman 1 dari sekian banyak apply. Dari interview yang dijalani secara panel, dia mengatakan kelihatannya tidak lolos. Karena dia merasa gugup. 1X diinterview panel 5 orang sekaligus.

Dan beneran 3 minggu setelah diinterview tidak ada kabar. Padahal dijanjikan kabar max 1 minggu setelah interview.

Ternyata kabar baru diberikan setelah menunggu 1.5 bulan sejak interview. Dengan hasil diterima. 1 tahun kontrak evaluasi. Posisi sebagai Senior Manager Engineering.

Kaget. Happy. Meski kontrak 1 tahun. Tapi dapat kerja.

Dibutuhkan sekian banyak apply (dia tidak menghitung jumlah pastinya) dan hanya 1X interview, dengan “kabar” yang harusnya diberikan 1 minggu, tapi delay ke 1.5 bulan, akhirnya mendapatkan pekerjaan.

Lesson learned :

  1. 1X interview dari sekian banyak apply itupun ternyata sudah cukup.
  2. Delay dari kabar yang dijanjikan, belum tentu tidak diterima kerja.
  3. Usia 60 thn masih diminati terutama engineers.

Penulis : Ang Harry Tjahjono > https://www.linkedin.com/in/angharrytjahjono