Siapkan anak Anda memasuki dunia kerja

Pesan untuk para orang tua: siapkan anak Anda untuk memasuki dunia kerja sejak usia dini sekalipun. Saya pernah beberapa kali mendapati rekan kerja yang mengalami syok hebat saat baru mulai berkarier.

Misalnya teman yang tiba-tiba menangis hanya karena diminta bekerja lebih rapih oleh seniornya. Dari 5 orang yang disupervisi oleh senior itu, hanya dia saja yang sampai sebegitu syoknya.

Ada juga kenalan yang pindah-pindah kerja hanya karena kemauan mereka tidak dituruti oleh atasannya. Masih anak baru, tapi segala sesuatu harus sesuai dengan aturan main milik mereka sendiri.

Atau yang paling sering terjadi; tiba-tiba ngambek tanpa menjelaskan alasannya. Mereka berharap rekan kerja mereka bisa membaca isi hatinya hanya dari raut wajah seperti yang biasa dilakukan orang tuanya.

Pada akhirnya saya menemukan kesamaan di antara orang-orang ini: mereka terlalu dimanjakan oleh orang tuanya. Apapun yang diminta, langsung diberikan tanpa harus berusaha. Semakin ngambek malah semakin dimanja. Akhirnya anak tumbuh menjadi pribadi yang egois… ingin selalu dimengerti tetapi tidak mau berusaha untuk mengerti.

Siapkan anak-anak Anda untuk menjadi pribadi yang tangguh dan mandiri.

Jangan menyalahkan generasinya karena generasi itu Anda sendiri yang mendidik dan membesarkannya.

by Riffa Sancati > https://www.linkedin.com/in/riffa-sancati-60527b9a/