Terima Dulu Saja

Sudah dapat offering dari perusahaan, tapi masih proses recruitment diperusahaan lain, harus gimana dong?

Jika terjadi kasus seperti ini, kita hanya boleh minta waktu 1-2 minggu untuk mempertimbangkan. Jika diperusahaan lain rasanya tidak akan selesai proses recruitment dalam waktu dekat, lebih baik TERIMA DULU SAJA offering dari perusahaan yang sudah lebih dulu. Jika kita menunggu yang terbaik, biasanya kita malah tidak pernah akan mendapatkan.

Saya sendiri pernah kok bekerja dengan gaji yang tidak terlalu besar. Inginnya sih dapat gaji yang bagus, tapi karena saya sadar diri gak pintar-pintar amat, ya wes sudah saya kerja dulu saja. Pada saat ke Jakarta, rekan-rekan saya juga ada yang sudah dapat gaji belasan juta, ada yang 8jt dapat fasilitas apartemen. Saya dapat 5jt, harus bayar kost sendiri. Tapi ya wes lah, yang penting kerja dulu. Inginnya sih masuk perusahaan startup atau perusahaan yang sangat besar, tapi karena tidak ada kesempatan pada saat itu. Ya sudah lah ambil dulu, yang penting kerja dulu.

Saya sadar bahwa saya tidak memiliki terlalu banyak opsi yang bisa saya pilih. Sejak SMA pun saya demikian, setelah pulang sekolah saya harus jaga toko, karena tidak punya banyak opsi lagi untuk melakukan kegiatan lain. Pada saat itu keluarga saya sedang mengalami masalah keuangan, jadi memang ketakutan saya dan keluarga adalah saya tidak bisa kuliah. Jadi saya mau tidak mau harus punya kemampuan untuk jaga toko. Tapi seiring berjalannya waktu akhirnya saya bisa kuliah. Tapi dari masalah itu saya dapat banyak pengalaman, dimana saya jadi sering bertemu customer di toko, bertemu dengan sales yang menawarkan barang, tahu cara mencari barang murah, mengerti cara melayani customer, mendapatkan bayangan berapa margin umum yang diambil ketika menjual barang, dan macam-macam pengalaman lainnya.

Sampai hari ini pun belum terlalu banyak opsi yang saya punya. Saya hanya menjalani saja dengan baik. Saya bersyukur dari opsi-opsi yang sedikit tersebut justru mengantarkan saya sampai hari ini. Ternyata tidak ada pilihan itu juga baik kok. Bisa jadi perjalanan kita mengantarkan kita menjadi orang yang lebih baik, lebih banyak pengalaman dan lebih dewasa dalam kehidupan.

Jadi jika ada tawaran yang baik, sudah terima dulu saja. Tidak ada yang sempurna dalam hidup ini. Yang bisa kita lakukan hanya mencari yang terbaik dan tercocok untuk diri kita pada saat ini.

Semoga sukses dan sehat selalu rekan-rekan sekalian.

Penulis : William Wijaya > https://www.linkedin.com/in/william-wijaya-411339105/


Supaya karir meningkat,

TERUS KEMBANGKAN KOMPETENSIMU

Ikuti training online yang memberikan sertifikat bukti kompetensi.
Sertifikat diakui oleh industri manufaktur, mining, hingga perkebunan.
Diterima di Indonesia, Mongolia, Vietnam, Malaysia, dan Timor Leste.