Jangan Perhitungan dalam Kerja

PHK di Usia 40-50an tahun. Apakah mungkin mendapatkan kerja lagi?

Saya memiliki saudara yang pernah mengajukan pensiun dini sampai 2x diperusahaan yang cukup besar, beliau juga jabatannya sudah tinggi pada saat itu. Ya keuntungannya beliau dapat hak seperti orang kena PHK, ajaibnya setiap kali beliau mengajukan pensiun dini. Beliau biasanya hanya mencari kerja kurang lebih 1-2 bulan saja, setelah itu dapat pekerjaan lagi dengan jabatan yang sama atau lebih tinggi.

Beliau pernah bekerja di perusahaan A selama 20an tahun, perusahaan B sekitar 5 tahun, dan sekarang diperusahaan C sudah 5 tahun lebih juga. Ketika saya ngobrol dengan beliau, beliau selalu menyarankan saya untuk RAJIN membantu pekerjaan orang lain. Beliau bercerita kalau job desc utama beliau adalah tax, finance and accounting, tapi pekerjaan beliau bisa mengerjakan Data warehouse, IT, Audit, GA, Project, pokoknya disuruh apapun sama owner, beliau selalu kerjakan. Sampai hari ini pun, kadang sabtu minggu beliau masih pergi ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaan. Jabatan beliau saat ini sudah CFO, tapi ya masih mengerjakan banyak hal juga.

Terus saya tanya, Icong kalau gitu nanti disangka cari muka dong sama rekan kantor lain. Beliau bilang, saya bukan cari muka, saya cari ILMU. Kita itu bukan ROBOT, yang kerjanya A saja, saya mau belajar juga yang lain, barang kali suatu saat bisa jadi consultant pas pensiun. Begitu kata beliau. Beliau selalu jadi orang kepercayaan boss dan owner dari perusahaan, tiap kali cari pekerjaan baru sangat-sangat mudah, karena referensinya selalu baik dari perusahaan lama.

Beliau bekerja diperusahaan Multinasional saat ini, usianya sudah hampir pensiun. Tapi beliau masih RAJIN sekali bekerjanya. Kalau saya lihat sih beliau kayaknya HOBBY kerja. Hahahaha.

Jadi ya kalau mau gampang dapat kerjaan, kuncinya satu, jadilah orang yang rajin, ringan tangan membantu orang lain, tidak perlu hitung-hitungan ini kerjaan gue apa bukan. Ya tapi ini preferensi saya saja, kalau ada yang tidak setuju ya gak apa-apa juga. Ini murni hanya suggest dari saya, yang saya juga pelajari dari saudara saya ini. Buktinya sudah ada, tinggal kita mau jalankan atau tidak.

Semoga sukses dan sehat selalu rekan-rekan sekalian.

Penulis : William Wijaya > https://www.linkedin.com/in/william-wijaya-411339105/


Supaya karir meningkat,

TERUS KEMBANGKAN KOMPETENSIMU

Ikuti training online yang memberikan sertifikat bukti kompetensi.
Sertifikat diakui oleh industri manufaktur, mining, hingga perkebunan.
Diterima di Indonesia, Mongolia, Vietnam, Malaysia, dan Timor Leste.