Tips dan Trik Melamar Kerja di Usia Tua

“Mbak Mil… Bagaimana cara menjual kompetensi jika usia kita tidak muda lagi?”

Pastikan kita tahu apa yang akan kita jual.

Kita harus benar-benar menguasai product knowledge : apa yang kita mau jual dari diri kita.

Pastikan kita tahu dengan detail:
Bukan hanya “Saya orang yang punya pengalaman kerja 20 tahun”

Tapi “Saya orang yang mempunyai pengalaman kerja 20 tahun di industri….. Saya pernah bekerja di bagian…..,….. dan….. Posisi terakhir saya sebagai…., saya menguasai…….,….., dan…..”

Kenali posisi-posisi dan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan kompetensi yang kita jual.

Kita harus tahu target Market kita siapa.
Jika kita mengirim lamaran ke siapa saja dan ke segala arah, jangan heran kalau tingkat keberhasilan kita terasa rendah. Karena kita merasa sudah mengirimkan ratusan lamaran, tapi tidak ada yang memanggil kita.

Lebih baik kita fokus ke posisi dan perusahaan yang membutuhkan kualifikasi seperti kita, dan mengirimkan lamaran kita ke sana.

Saran saya, hindari perusahaan-perusahaan besar yang punya pelamar sangat banyak. Lebih baik ‘gerilya’ melalui Networking yang sudah kita kenal.

Selidiki, dimana biasanya target customer kita berada. Masuklah ke group-group yang sama dengan mereka.

Pastikan kita tahu bagaimana cara mempromosikan ‘product kita’ yang paling efektif

CV, profil LinkedIn, bagaimana kita berdiskusi dengan orang lain, bagaimana kita berinteraksi di media sosial, bisa menjadi ‘etalase’ yang menunjukkan pengetahuan, keahlian, dan pengalaman yang kita miliki.

Hindari debat kusir, karena setiap orang adalah benar menurut pandangannya sendiri. Berdiskusilah dengan orang yang mencari kebenaran bukan pembenaran.

Ketika ‘target customer’ sudah familiar dengan kita, akan lebih mudah untuk menyapa mereka dan bertanya “Apakah ada lowongan di perusahaan Bapak? Apakah saya boleh mengirimkan CV saya, sebagai database, sekiranya nanti ada lowongan?”

Tidak instan? Ya memang tidak instan.
Ada proses yang harus kita lalui.

Berikanlah diri kita kesempatan untuk belajar, berkembang dan bertumbuh. Kita tidak pernah terlalu tua untuk berubah bukan?

Have a Great Days Great People

Penulis : Milka Santoso > https://www.linkedin.com/in/milkasantoso/


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


DAPATKAN SERTIFIKAT KOMPETENSI

Perbesar Peluang Karir dan Kerja

“Seseorang itu diterima kerja / dipromosikan karena skills, dan disukai atau tidak disukai lingkungan kerja karena attitude.”


1 thought on “Tips dan Trik Melamar Kerja di Usia Tua”

  1. Pingback: Usia Menghalangi Dapat Kerja | Blog eTraining.id

Comments are closed.