Umur segini, kamu sudah punya apa saja?

Sudah dekat umur 30, idealnya sudah punya apa aja sih?

Nah, ini yang sekarang sedang hangat dibahas di sosmed. Sudah ada yang punya 1 Milyar diumur 20 tahun, hampir 10 Milyar di umur 25 tahun. Punya rumah, mobil, dan bisnis A, B, C, di usia hampir 30. Apakah kenyataannya semua begitu? Tentu tidak semuanya begitu.

Saya pribadi ketika umur 28 tahun. Masih jadi pegawai, gaji lumayan, cicil apartemen dan rumah di pinggiran kota. Tapi, mobil belum punya, dan motor masih inventaris orang tua. Lalu apakah saya sudah sukses? Ya..! Dibandingkan 1, 2, atau 3 tahun sebelumnya, saya sudah lebih sukses.

Definisi sukses, ada baiknya diukur ke pencapaian diri sendiri. Selama kita semakin baik setiap tahunnya, artinya kita menuju ke jalur kesuksesan kita. Tapi, apakah bisa sama dengan orang lain? Ya belum tentu. Cintailah proses berkembang sedikit demi sedikit, nikmati saja. Selama kita maju selangkah demi selangkah, suatu saat pasti kita sudah berjalan ratusan mil bahkan ribuan mil.

Realistis

Yang lebih penting lagi : Anak-anak jaman sekarang harus be realistic.

Kalau ingin berkarir di perusahaan, buatlah karir path.
Coba kepoin, orang-orang yang sudah di posisi middle management, berapa lama untuk sampai ke jenjang tersebut, apa saja requirement-nya, challenge-nya apa saja, dan berapa annual income-nya.

Kalau ingin usaha mandiri, cari patern-nya buat rujukan, pelajari benchmark-nya buat reference, susun realistic business plan-nya. Jangan asal running business sambil mengandalkan keberuntungan saja.

Making money is easy, yang sulit adalah how to get the opportunity..

Buat pemburu karir, 3 hal ini yang harus dipunyai kalau mau menghasilkan lots of money:

  1. Reputasi
  2. Relasi
  3. Rekomendasi

Tanpa reputasi, tidak akan punya banyak relasi yang berkualitas dan berpengaruh, tanpa relasi yang berkualitas tidak akan dapat opportunity yang besar, dan tanpa rekomendasi dari relasi yang berkualitas tidak akan dapat kepercayaan untuk handle sesuatu yang besar meskipun punya reputasi yang bagus.

Bekerja di perusahaan, artinya income sudah ter-schedule dan tidak banyak pertumbuhan yang significant, that’s why an employee harus membangun jaringan professional / bisnis mereka sendiri, supaya reputasi yang dibangun diakui, dan dapat rekomendasi.