2 Hal Sebelum Interview Kerja

Dalam semua #interview kerja, selain menguji pengalaman dan kapabilitasmu, HR dan User juga mencari kecocokan antara perusahaan dan pelamar.

Jadi selain memahami bidang pekerjaan yang kamu lamar, sebaiknya kamu juga siap ditanya tentang 2 hal berikut, sebelum kamu menghadiri sebuah interview kerja:

1. Tentang Dirimu.

Bila kamu #freshgraduate, siapkan 1-2 prestasi kamu waktu kuliah. Pernah jadi Asisten Dosen? Aktif organisasi? Pilih 1 cerita detail untuk diceritakan dalam interview.

Bila kamu #talentready yang punya pengalaman kerja. Jangan sungkan untuk tonjolkan prestasi mu di tempat kerja sebelumnya. Prestasi ya, bukan jobdesk.

Masih sering saya lihat CV yang penuh jobdesk dan minim tampilan prestasi.
Jobdesk itu dikasih perusahaan, tugas kamu ngasih prestasi ke perusahaan. Jadi jangan heran kalau User dan HR lebih tertarik pada prestasi, dan kurang berminat pada sekedar apa yang bisa kamu kerjakan.

2. Tentang Perusahaan tempat Melamar.

Sering banget kandidat bengong saat ditanya apa yang diketahui tentang perusahaan yang dia lamar.
Padahal ngga susah lho, kan ada google.

Oh ya, even perusahaan besar yang kamu kira kamu tahu, tetap googling dulu ya.
Disana, selain bidang usahanya, kamu juga akan tahu Visi Misi dan Value perusahaan.

Gunanya?

Selain User dan HR paling sebel sama kandidat yang asal lamar-lamar kerja tanpa tahu siapa yang dia lamar, kamu juga jadi tahu apakah perusahaan itu cocok buat kamu. Jadi kamu bisa sampaikan mengapa kamu mau bekerja disana.

Kalau perusahaan saking kecilnya sampai nggak ada di google, gimana? Jujur saja bilang sudah googling tapi nggak nemu, lalu dengan sopan, tanyakanlah detail perusahaan ke User dan HR.

Ada 1 hal lagi yang paling penting sebelum interview kerja. Apa itu?
BERDOA…
Sebab jalan rejeki dan masa depan adalah rancangan-Nya.

Goodluck ya, all #freshgraduate, #talentready dan yg #opentowork, jalan mungkin panjang, tapi destinasinya pasti tak lama lagi.

Penulis : Andijaya Chandra > https://www.linkedin.com/in/andijaya-chandra-se-cpf-cpim-0575b223


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


DAPATKAN SERTIFIKAT KOMPETENSI

Perbesar Peluang Karir dan Kerja

“Seseorang itu diterima kerja / dipromosikan karena skills, dan disukai atau tidak disukai lingkungan kerja karena attitude.”