Bismillah
Bersaing di dunia kerja saat ini tidak bisa random aja, tapi harus benar benar dipersiapkan..
Berikut 3 hal yang bisa teman-teman lakukan, untuk meyakinkan rekruter jika teman-teman masih fresh grads atau minim pengalaman:
- Tunjukkan karakter yang kuat..
Istilahnya “bold character”, yaitu memiliki prinsip, positive mindset, dan positive attitude/do attitude..
Cari aktivitas dimana kami tidak terlihat ikut-ikutan orang lain.. atau aktivitas itu adalah ide dari kamu.. Ceritakan detail, dan sampai kan apa yang kamu dapat dari aktivitas tersebut..
Contoh,
Cerita kan salah satu achievement kamu di organisasi..
Saat itu tahun 2019 saya ditunjuk sebagai Ketua Panitia acara…. Saya mengusulkan ada acara… Tehnis nya….. Hasilnya….
- Tampak Meyakinkan dengan Belajar dan Latihan..
Belajar jobdesk posisi yang kamu apply.. Pelajari skill apa saja yang harus dimiliki (ada di info lowongan kerja biasanya, misal IT staf, soft skill: precise when doing something, detail)..
Tonjolkan sikap dirimu yang ada hubungannya dengan precise, misal.. Saat kuliah tidak pernah salah dalam menjalankan tugas..
Latihan interview, supaya jawaban mu mengalir dan tidak terdengar seperti “template jawaban” yang kamu hafalkan..
Semakin sering berlatih, kata-kata yang kamu susun ini akan masuk ke dalam alam bawah sadar, sehingga saat kamu ditanya rekruter, kalimat-kalimat tersebut lancar kamu sebutkan..
- Korelasikan pengalaman organisasi dengan posisi yang di apply
Misal, posisi Accounting staf, perlu detail dan ketelitian.. Cari aktivitas di organisasi yang terkait detail, misal membuat laporan program kerja tahunan organisasi.. Membuat laporan keuangan organisasi, dll.. Dan lampirkan hasil nya (jika ada..)
Semoga bermanfaat.. Free to share ya
Penulis : Anna Yuliani > https://www.linkedin.com/in/anna-y-6a73b8a6/
By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.
DAPATKAN SERTIFIKAT KOMPETENSI
Perbesar Peluang Karir dan Kerja
“Seseorang itu diterima kerja / dipromosikan karena skills, dan disukai atau tidak disukai lingkungan kerja karena attitude.”