4 Hal yang dicari dalam Group Interview

Beberapa kali saya melaksanakan group interview untuk menseleksi beberapa kandidat sekaligus untuk posisi yang sama.

Kali ini saya akan memberikan “bocoran” tentang apa sih yang dicari interviewer saat group interview

Umumnya, ada beberapa hal yang di observasi dari keseluruhan proses tersebut.

1 Komunikasi

Salah satu kunci utama keberhasilan dalam interview. Cara komunikasi tercermin dari cara menjawab, apakah sistematis, atau berbelit-belit sampai membingungkan interviewer? Apakah to the point ataukah malah tidak menjawab pertanyaan? Intonasi? Kebayang nggak nanti orang tersebut akan ngomong dengan client atau berhadapan dengan CEO? Apakah skill ini sudah mumpuni, atau bakalan butuh grooming lagi? Kalau ngobrol sama team yang sekarang, kira-kira konek nggak? Will this person be a good addition to the team?

2 Kecocokan

Kombinasi Pengalaman, Passion dan Skill terhadap posisi yang dilamar. Apakah relevan? Apakah ini memang tujuan jangka panjang Anda, atau cuma iseng melamar? Apakah pengalaman sebelumnya relevan terhadap posisi ini? Ataukah dia sedang mencari pengalaman sementara saja padahal aspirasinya tidak disitu? Is this something you really want?

3 Motivasi

Apa yg membuat Anda ingin bekerja? Apakah uang, karir, masa depan di perusahaan yang lebih besar? Apa saja kah yang sudah Anda pelajari dari company tersebut? Apa yang Anda ketahui tentang posisi tersebut? Apakah ini benar-benar company yang ingin dituju, atau cuma mengisi waktu luang sambil menunggu panggilan di perusahaan lain? Jangan sampai saat interview terjadi malah nanya “bisa dijelaskan perusahaan ini bergerak di bidang apa ya?” Do your homework.

4 Analytical & Problem Solving Skill

Seringkali dalam sesi diskusi pembahasan suatu case study, orang yang sebelumnya sangat aktif berbicara saat sesi one-on-one, mendadak senyap. Ide-ide yang dilontarkan, hanya seolah merangkum pembicaraan saja dan tidak ada sumbangsih perspektif yang disampaikan dalam sesi tersebut. Ada juga malah yang menjadi sangat mendominasi dan tidak memberikan kesempatan bagi lainnya untuk ngomong. Padahal, interviewer berharap inilah momen dimana Anda bisa menunjukkan kreativitas, problem solving skill, kemampuan berargumentasi dan diskusi, serta teamwork. Pahami topiknya, dengarkan pembicaraan dan sampaikan perspektif Anda untuk memperkaya pembahasan. Punya ide? Jangan ragu untuk menyampaikan.

NOTE: Dalam pengalaman saya, group Interview berfungsi sebagai proses screening awal dan bukan faktor penentu satu-satunya. Setelah shortlisted, ada sesi lanjutan yang lebih mendalam dan one on one.

Now that you know the aspects that the interviewers are looking for, what are the things you would change next time you have a chance to participate in a group interview?

Penulis : Patricia Setyadjie > https://www.linkedin.com/company/patriciasetyadjie/


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


DAPATKAN SERTIFIKAT KOMPETENSI

Perbesar Peluang Karir dan Kerja