Apakah Harus Kerja Sesuai Jurusan?

“Mbak Mil, saya Fresh Graduates, apakah saya harus kerja sesuai jurusan saya? Dosen saya bilang, percuma saya kuliah capek-capek 5 tahun, kalau lulus jadi Customer Service di Bank”.

Apa yang salah dengan menjadi customer service di Bank? Selama pekerjaan itu halal, menurut saya itu jauh lebih baik daripada menganggur.

Jika kita memang memiliki pilihan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kita, silahkan kita mengambil pekerjaan tersebut.

Tapi jika pilihan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan itu belum ada, ditambah lagi ada desakan kebutuhan ekonomi dari pihak keluarga: Jangan paksakan diri harus bekerja sesuai dengan jurusan!

Menurut saya, apa yang kita dapatkan di bangku kuliah seharusnya bukan cuma ilmu pengetahuan yang spesifik sesuai dengan jurusan kita. Di bangku kuliah kita juga dapat belajar berpikir kritis, belajar mandiri, belajar management waktu, belajar menangani sejumlah tugas yang datang dengan dateline bersamaan dan lain sebagainya.

Belum lagi jika kita juga aktif di organisasi, menjadi assistant lab, atau terlibat di sejumlah project penelitian dengan dosen, akan ada lebih banyak lagi pelajaran yang kita dapat.

Menurut saya, segala sesuatu yang kita lakukan dengan sepenuh hati, tidak akan sia-sia. Pengalaman belajar kita selama 5 tahun di bangku kuliah tidak akan terbuang percuma.

Justru yang akan dapat terbuang justru waktu kita sekarang ini, jika kita terlalu lama menunggu pekerjaan yang sesuai dan melewatkan banyak kesempatan yang datang.

Semoga dapat mencerahkan.

Have a Great Day.

Penulis : Milka Santoso > https://www.linkedin.com/in/milkasantoso/


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


DAPATKAN SERTIFIKAT KOMPETENSI

Perbesar Peluang Karir dan Kerja