5 Hal yang Harus di Riset Sebelum Melamar Kerja

Sebelum kita menentukan melamar kerja disuatu perusahaan, apa yang pertama kali harus kita persiapkan???

Benar sekali, “Riset”!

Seringkali dari kita hanya melamar kerja sana sini tapi ujung ujungnya pas interview kerja stuck, ditolak dan gak diterima, alasannya karena kamu sejatinya belum mengetahui sejauh mana perusahaan incaranmu itu berada, untuk itu mari kita persiapkan :

1 Reseach Profile Perusahaan

Benar sekali, bagian pertama ini kamu harus mencari tahu perusahaan tersebut bergerak di bidang apa, awal berdirinya kapan, dan sejauh mana sih kestabilan industri di perusahaan tersebut.

2 Produk/Jasa

Kedua ini sama pentingnya loh, karena kita perlu mengetahui produk / jasa apa yang disediakan oleh perusahaan yang kamu lamar tersebut.

3 Industri

Yap, disini kamu mesti mempertimbangkan industri perusahaan yang akan kamu lamar, sehingga kamu tahu nih apakah background latar belakang kerjamu sesuai atau tidak dengan posisi yang tersedia diperusahaan yang akan kamu lamar.

4 Visi dan Misi

Pastikan Visi dan misi perusahaan selaras dengan visi dan misi personalmu, kamu harus mempertimbangkan apakah kemampuanmu bisa berkontribusi untuk tercapainya visi dan misi perusahaan tersebut atau tidak.

5 Budaya Perusahaan/Kebijakan Perusahaan terhadap karyawannya

Setiap perusahaan memiliki kultur/budaya yang berbeda, kamu mesti paham betul budaya perusahaan yang akan kamu lamar supaya kamu nyaman kerja diperusahaan tersebut.

6 Turnover Rate

Cari tahu berapa lama rata – rata pekerja bertahan diperusahaan incaranmu, jika banyak pekerja hanya bertahan dalam waktu singkat, atau rasio karyawan keluar perusahaannya tinggi, kamu perlu mempertimbangkan ulang pilihanmu

7 Dukungan Perusahaan

Sangat penting untuk mengetahui sejauh apa perusahaan mendukung perkembangan pekerjanya, hal ini bisa kamu cari melalui kegiatan perusahaan yang di publish di akun sosial media/web resmi mereka.

8 Reseach Jobdesk

Nah, Kedelapan ini sangat penting juga selain ke 7 tadi, karena kamu perlu mengetahui posisi yang dilamar kamu itu kerjanya ngapain, tugas dan tanggung jawabnya apa, serta kemampuan yang kamu miliki sesuai atau tidak dengan deskripsi pekerjaan yang terpampang di lowongan pekerjaan perusahaan tersebut atau tidak.

Penulis : Muhammad Aldi Muhibin > https://www.linkedin.com/in/muhammad-aldi-muhibin-bestoffreshgraduate/


Supaya karir meningkat,

TERUS KEMBANGKAN KOMPETENSIMU

Ikuti training online yang memberikan sertifikat bukti kompetensi.
Sertifikat diakui oleh industri manufaktur, mining, hingga perkebunan.
Diterima di Indonesia, Mongolia, Vietnam, Malaysia, dan Timor Leste.