5 Rumus Perkenalan Diri di Linkedin

PERKENALKAN DIRI ANDA
KURANG DARI 1 MENIT

Di wall profil LinkedIn, tersedia “About” untuk memperkenalkan kapasitas kita sebagai profesional.

Jika ada akun lain yang mengunjungi profil kita, sangat mungkin mereka akan membaca bagian ini untuk memahami siapa kita dengan cepat.

Karenanya, diperlukan komunikasi yang efektif di bagian ini.

Saya pribadi menerapkan teknik copywriting pada “About” saya.

Rumusnya begini:

1 Katakan siapa diri saya.

Hal ini membantu akun profesional lainnya untuk memvisualisasikan saya dengan cepat. Saya menulis, “Copywriting specialist.”

2 Lama pengalaman.

Di dunia kerja, lama pengalaman identik dengan seberapa dalamnya kita menguasai skill tertentu. Tidak selalu benar? Betul. Tapi anggapan umumnya ya begitu. Maka, saya tambahkan, “with 5+ years of experience.”

3 Bekerja untuk perusahaan apa saja.

Jika kita pernah bekerja untuk sekian perusahaan, ini kesempatan untuk menunjukkan beragamnya pengalaman kita. Saya lalu menulis, “Manage diverse copy projects from global and national companies, such as Lazada, Booking.com, Samsung, Unilever, and more.”

4 Skill apa saja yang kita miliki.

List skill yang mendukung kapasitas yang kita sebutkan di awal. Saya menyebutkan, “Skilled in copywriting, UX writing, content strategy, social media, etc.”

5 Tulis added value.

Capaian-capaian lain yang mendukung brand kita sebagai profesional. Untuk bagian ini, saya menulis capaian saya sebagai pembicara dan trainer copywriting, sekaligus menyebutkan pihak-pihak yang mengajak saya kerjasama. Plus jati diri saya sebagai book author.

Saya menulis, “Copywriting speaker for webinars and workshops held by Glints Expert Class, AsiaCommerce, GreatEdu, Wallstreet Devops, and more. Official copywriting trainer of Kelas Prakerja. Author of 15 books.”

Dengan rumus ini, tidak ada lanturan dalam “About” saya. Isinya tidak bertele-tele. Straight to the point. Bisa dipahami kurang dari satu menit.

Teknik ini juga bisa diterapkan dalam wawancara kerja, terutama saat HR meminta kita memperkenalkan diri.

Penulis : Asa Mulchias > https://www.linkedin.com/in/asa-mulchias/


Supaya karir meningkat,

TERUS KEMBANGKAN KOMPETENSIMU

Ikuti training online yang memberikan sertifikat bukti kompetensi.
Sertifikat diakui oleh industri manufaktur, mining, hingga perkebunan.
Diterima di Indonesia, Mongolia, Vietnam, Malaysia, dan Timor Leste.