5 Pertanyaan Umum Fresh Graduate

5 pertanyaan yang sering saya terima di DM dari teman-teman #FreshGraduates.

  1. Setelah lulus baiknya gimana ya?
    Buat rencana karier dan cari pengalaman kerja dengan jadi intern atau trainee. Saran berikutnya, ini semua dipikirin + dikerjain jauh-jauh hari sebelum lulus. Jangan baru dilakuin setelah wisuda. Menurut saya siapin cv, update porto dan LinkedIn, buat rencana karier, dan lamar pekerjaan lebih baik dilakukan paling lambat setelah yudisium.
  2. Apa bedanya Resume sama CV?
    Keduanya dokumen yang nge-rangkum diri kamu. Bedanya resume lebih singkat (1-2 halaman) dan lebih menonjolkan “kompetensi”. Kalau CV lebih panjang (2+ halaman), mendetail, dan lebih menonjolkan kredensial. Tapi di Indonesia istilah ini suka kebolak-balik. Sebenernya yang diminta Resume tapi tulisannya CV.
  3. Kapan harus pakai Resume, kapan CV?
    Kalau lowongan yang kamu lamar sifatnya Kantoran, dan bukan institusi pelayanan publik/pendidikan yang sangat pertimbangin riwayat hidup kandidatnya, saya rasa pasti yang dibutuhkan resume. Terkait resume bisa dipelajari secara gratis di https://buff.ly/3vLUfKN
  4. Gimana caranya ngasih kesan yang baik ke HRD?
    Attitude itu segalanya. Bersikaplah profesional: ngga terlalu formal & kaku (karena kita bukan raja/ratu?), ngga terlalu santai juga (soalnya kita belum kenal deket). Yang paling penting, HRD/rekruter BUKAN SATU-SATUNYA orang yang terlibat dalam proses rekrutmen. Ada user dan hiring manager juga.
  5. Bisakah saya diterima kerja meski ga punya pengalaman?
    Bisa, apabila lowongannya nggak ada persyaratan pengalaman kerja. Atau usia lowongan tersebut sudah cukup lama dan rekruter ga nemu-nemu kandidat yang sesuai requirements, jadi persyaratannya dilonggarkan. Tapi kalau kondisinya begitu, kemungkinan besar rekruter akan tutup lowongan dan buka yang baru (dengan persyaratan yang udah di-update)

Penulis : Nur Halimah > https://www.linkedin.com/in/nur-halimah-maukerjaid/


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


JADILAH LEBIH KOMPETEN

Dapatkan Sertifikat Kompetensi