Cara Menjadi Individu Super

Saya dari dulu selalu penasaran bagaimana “resep rahasia” seorang individu bisa punya prestasi dan performance yang “outstanding”. Awalnya saya mengira mereka bisa “outstanding” karena memang memiliki skill dan kompetensi yang mumpuni dalam menjalankan pekerjaan-nya. Namun lambat laun, saya akhirnya menemukan perbedaan paling “fundamental”, berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya selama bekerja.

Individu yang “ordinary” cenderung punya anggapan bahwa hubungan Perusahaan dan Individu hanya bersifat “transaksional” lewat pekerjaan yang diberikan. Sehingga mereka jatuh ke dalam mode “Survival”. Pokoknya KPI tercapai, pokoknya kerja sesuai SOP, pokoknya hari ini saya bisa kerja dengan tenang, pokoknya saya tiap bulan kerja dapat kompensasi dan bonus tahunan, pokoknya arahan atasan saya jalankan. Sehingga berimplikasi pada “produktivitas” yang biasa- biasa saja dan “workstyle” yang apa adanya.

Berbeda dengan individu yang “superior” dan “outstanding”. Justru mereka beranggapan bahwa “Job/pekerjaan” selain merupakan tools mencapai goal Perusahaan, dapat digunakan juga untuk mencapai “goal/purpose” individu itu sendiri.

Mereka paham bahwa saat mereka melakukan pekerjaanya dengan lebih baik (efektif dan efisien), menambah skill-nya, memberikan effort lebih saat bekerja, maka secara tidak langsung, goals perusahaan dan pribadi dapat mereka “gapai” secara bersamaan. Sehingga dapat tercipta “produktivitas” dan “workstyle” yang optimal. Dengan begitu goals pribadi dan goals perusahaan dapat saling bersinergi dan “allign” satu dengan yang lainnya.

Jadi akhir kata , temukan cara untuk meng”align-kan” goals pribadi dan goals perusahaan lewat pekerjaan serta tanggung jawab yang diberikan kepada kita. Dengan begitu kita akan bisa menjadi individu yang “Superior” dan “Outstanding” dalam Organisasi lewat produktivitas dan cara kerja kita yang optimal.

Penulis : Hans Harjono > https://www.linkedin.com/in/hans-harjono-665a85141/


JADILAH LEBIH KOMPETEN

Dapatkan Sertifikat Kompetensi