Cerita tentang Telur

Cerita tentang telor. Kekuatan dari luar yang memecahkannya akan menciptakan kehancuran. Kekuatan dari dalam yang memecahkannya akan memulai kehidupan baru. Tadi saya baca sebuah posting kira-kira begini dalam Bahasa Inggris. Cukup memberikan inspirasi.

Sama seperti seorang guru yoga di India Sadhguru yang kurang lebih mengatakan bahwa kalau mau memperbaiki diri sendiri, yang paling baik adalah dari dalam diri kita sendiri. Motivasi, kecakapan, kompetensi, kesehatan dan termasuk kebahagiaan – sangat banyak dibentuk dari dalam diri kita – walaupun tanpa dipungkiri juga ada pengaruh luar yang bisa membantu.

Maka berbahagialah bila anda sudah:

  1. Bisa membangun motivasi sendiri dari dalam (untuk belajar, bekerja sungguh-sungguh, berbuat baik, dll), tanpa menunggu orang lain untuk meminta atau memberikan dorongan ataupun perintah
  2. Memiliki kemampuan mengendalikan diri yang tinggi – karena itu semua bisa menjadi self healing bagi banyak aura negatif.
  3. dan sebagainya.

Dalam bidang ilmu saya, di supply chain management, ada wisdom yang mengatakan the best thing yang kita bisa miliki dalam supply chain adalah trust pada supply chain partner.

Trust itu terbentuk bila (misalnya) mitra tersebut selalu mengirim barang yang bagus tanpa harus tergantung pada kita mengecek kualitasnya secara ketat atau tidak. Dia punya komitmen dari dalam organisasinya sendiri.

They build quality tanpa menunggu banyak complaint dan rejection dari pelanggan. Tanpa menunggu inspeksi yang ketat dari pelanggan. Kesadaran dari dalam adalah kekuatan yang luar biasa.

Penulis : Prof. Nyoman Pujawan > https://www.linkedin.com/in/nyoman-pujawan-ph-d-cscp-csca-cplm-620a985/


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


JADILAH LEBIH KOMPETEN

Dapatkan Sertifikat Kompetensi