Contoh Kata Kerja Yang Sebaiknya Digunakan Dalam CV/Resume

Bismillah..

Saya membaca di website persiapan karir Harvard, Berkeley, Stanford, Yale, dll, mereka sudah memiliki panduan yang detail kepada mahasiswa mereka persiapan karir mereka, termasuk membuat Resume (kalo di kita menggunakan CV), Do and Don’t saat membuat Resume, dan juga kata kerja yang sebaiknya digunakan..

Mengapa kata kerja? Karena mereka menganjurkan, sebaiknya di dalam Resume tidak terlalu banyak menggunakan kata “Saya” atau “I”.. Tapi lebih kearah, kata kerja..

Supaya tidak bingung, berikut beberapa contohnya ya teman teman.. Masih dalam Bahasa Inggris, supaya tidak hilang arti sebenarnya.. Jadi teman teman bisa mengartikan sendiri dan menggunakan sesuai dengan diri kalian masing masing..

LEADERSHIP
Accomplished , Achieved, Administered , Analyzed, Assigned, Attained
Chaired, Consolidated, Contracted, Coordinated
Delegated, Developed, Directed
Earned, Evaluated, Executed
Handled, Headed
Impacted, Improved, Increased
Led
Mastered
Orchestrated, Organized, Oversaw
Planned, Predicted, Prioritized, Produced, Proved
Recommended, Regulated, Reorganized, Reviewed
Scheduled, Spearheaded, Strengthened, Supervised, Surpassed

Nah itu beberapa kata kerja yang bisa digunakan ya teman teman.. saya beri contohnya ya dalam bahasa Indonesia.. Masukkan dalam jobdesk, disertai hasilnya (result).. Atau bisa juga ditulis sebagai achievement (pencapaian).

1. Bagi Teman teman yang Experienced :

Contoh: Analyzed (Menganalisa),
“Melakukan analisa tren market furniture tahun 2022, dengan hasil bahwa tahun 2022 tren market furniture akan naik (growth) sebesar 17%.

Contoh: Handled (Menangani)
“Menangani program baru yaitu penjualan produk baru X, dengan target 5 Milyar/bulan, dengan achievement rate 85% up setiap bulannya”.

2. Bagi teman teman FG, misal dalam organisasi :

Contoh: Organized (Mengelola)
“Mengelola laporan keuangan BEM saat menjadi Bendahara BEM Fakultas A, tahun ……, contoh laporan terlampir (usahakan melampirkan contoh laporan keuangannya).

Contoh: Improved (Meningkatkan)
“ Meningkatkan rata rata penjualan di Koperasi Mahasiswa, dari 30 juta/bulan menjadi 50 juta/bulan”, tahun …”

Nah, jadi cari aktivitas teman teman yang valuable, dan bisa diukur, lalu hubungkan dengan kata kerja yang pas untuk merepresentasikan diri kamu ya..
Semua orang bisa mengelola.. Semua orang bisa menangani, dll.. Namun tidak semua orang berhasil/memberikan result terbaiknya..

Tapi yang jujur ya, tidak perlu overselling juga..

Goodluck ya.. Selamat hari Senin..

Penulis : Anna Yuliani > https://www.linkedin.com/in/anna-y-6a73b8a6/


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


DAPATKAN SERTIFIKAT KOMPETENSI

Perbesar Peluang Karir dan Kerja