Menghadapi Rekan Kerja Yang Suka Menjatuhkan Saat di Meeting

Bismillah..
Banyak teman dan rekan kerja yang mengeluhkan situasi dimana rekan kerjanya kadang “menjatuhkan” saat meeting..

Kenapa disebut “menjatuhkan”? Karena kritikannya disampaikan di meeting, padahal sebenarnya masalah tersebut bisa dikoordinasikan sehari hari.. Dan dengan nada yang menyudutkan, dengan kesimpulan salah-benar, bukan win win solutions..

Sebenarnya, kalo rekans mengalami hal ini, malah bisa kita gunakan sebagai situasi yang menguntungkan rekans semua..

Saat meeting, terkadang hadir top management di situ.. Employee yang terbiasa menjatuhkan begini, mengira bahwa situasi meeting dengan dihadiri Top Management adalah sesi untuk menjatuhkan orang lain..

Nah, kita sebagai yang sering dijatuhkan (haha curcol..), gunakan kesempatan ini untuk menunjukkan cara kita menangani konflik, komunikasi efektif, dan maturity saat menghadapi koflik serta situasi yang tidak menyenangkan..

Kamu akan semakin populer, dan malah “you can turn out situation” jadi ajang untuk promosi kamu..

Caranya adalah, keep the proceedings calm and pleasant as you politely win the battle

Remain calm, dan jawab dengan cara yang pro, serta pleasant.. Tidak usah terpancing emosi, jawab dengan profesional.. Tidak perlu naik nada bicaranya.. Ambil fakta dari kata kata yang ditujukan untuk menyerang dirimu itu, dan jawab dengan data (lebih bagus begitu)..

Jika mereka tetap menyerang terus, dengarkan saja.. tunggu sampai mereka kehabisan tenaga dan habis apa yang mau mereka ucapkan.. Lalu tanyalah kepada top management, “apakah saya boleh meresponnya pak/bu?”

Semua peserta rapat akan melihat, mana yang professional dan mana yang terlihat seperti anak usia 3 tahun.. Dari sini top management akan bisa menilai maturity dan communication skill kamu, serta cara kamu handle orang dengan karakter yang sulit.. Congrats, kamu baru saja stand out from the crowd 🙂

Tapi.. Jika mereka memutuskan berhenti menyerang, just stop and say thank you atas suggestion mereka.. Dan act seperti tidak terjadi apa apa, karena semua ini adalah job matters.. tetap baik, ramah dan sopan..

Pengalaman pribadi mah sering kejadian kek gini nih.. But, result-nya, Top Management malah trust sama kita dan jadi yakin kita ini Talent bagus..

Tentunya situasi real tidak semudah baca postingan saya ini ya.. But trust me, it works 🙂

So, siap dapet promosi nih? 🙂

Penulis : Anna Yuliani > https://www.linkedin.com/in/anna-y-6a73b8a6/


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


DAPATKAN SERTIFIKAT KOMPETENSI

Perbesar Peluang Karir dan Kerja