Gaji 5 Juta Tidak Bisa Menabung?

Ada orang yang mungkin tidak pernah merasakan jadi tulang punggung keluarga. Sehingga tidak tahu rasanya, punya gaji habis seketika untuk semua pos pos pengeluaran yang sudah menanti setiap bulannya.

Jangankan gaji 5 juta, ada yang bergaji 12 juta saja masih tidak bersisa.

Makanya wajar, ada yang baru bisa menyalurkan hobinya atau impian yang tertunda ketika sudah ada kelonggaran rejeki ketika sudah dewasa atau bahkan pada usia paruh baya. DAN ITU NORMAL.

Kalau semua orang bisa dengan mudah usia 22 lulus kuliah, usia 23 kerja, usia 24 sudah ada tabungan, usia 25 menikah, usia 26 punya 100 juta pertama, usia 30 punya 1 milyar pertama….ya silahkan saja. Tapi menyalahkan orang orang yang tidak bisa? Tidak perlu. Bisa jadi juga itu hanya sekedar tulisan saja.

Saya hingga usia 26 saja menabung 100 ribu per bulan sudah bersyukur banget. Dalam kondisi sudah menikah dan baru punya anak 1. Itu sudah nilai tertinggi yang bisa saya tabung. Bagi yang bisa pakai % tabungan, ya bagus. Teruskan. Bagi yang tidak bisa? Jangan merasa kecil hati, biarkan saja.

Saya dulu punya impian masa remaja yang bahkan hingga sekarang belum bisa saya wujudkan. Punya motor gede. Alhamdulillah, belum terwujud sih :))

Dari usia 21 hingga sekarang, saya dan Istri masih harus berbagi dengan keluarga besar. DAN INI NORMAL. Tidak ada yang salah. Saya dan Istri bahagia kok bisa berbagi dan membantu keluarga.

Ada orang yang bahkan rela tidak kuliah, agar adik adiknya kuliah. Ada juga yang berusaha irit makan, agar keluarganya bisa hemat dan menabung.

Menjual kesuksesan diri sendiri dan menafikan kondisi orang lain, bukanlah motivasi. Apalagi jika pakai narasi investasi, ujung ujungnya ya jualan kelas sendiri.

Buat kalian yang belum bisa menabung, ingat ITU NORMAL. Mau pakai buat beli kopi mahal, ya beli aja. Kalian tidak bakal jadi miliuner hanya karena hemat 1 gelas kopi.

Selama kalian bahagia, ya lakukan saja. Self rewarding itu juga perlu kok, kita sudah kerja keras selama ini.

Tapi, kembali lagi ya. Pilihan kalian masing masing ya kalian yang putuskan.

end

Penulis : Aukaria Rahman > https://www.linkedin.com/in/aukariarahman/


By the way, kalau perlu kursus untuk upgrade skill, bisa ke Coursera atau eTraining Indonesia. Keduanya memberi sertifikat yang recognized di dunia industri.


DAPATKAN SERTIFIKAT KOMPETENSI

Perbesar Peluang Karir dan Kerja