Kenapa Sulit dapat Kerja?

Kenapa ya kita sulit dapat kerja? Apa yang salah?

Banyak orang kesulitan dapat kerja, lalu bingung kenapa ya saya sulit dapat kerja. Apa ada yang salah? Sebetulnya bukan ada yang salah kalau baru satu kali ditolak, itu kurang nyoba aja. Tapi kalau sudah puluhan sampai ratusan kali ditolak. Berarti ada yang kurang dalam diri anda. Kurangnya apa? Ya rekan-rekan sendiri yang tau kekurangannya.

Emang biasa apa sih kekurangan yang bisa membuat kita ditolak pas melamar kerja? Kurangnya kemampuan berkomunikasi bisa loh menjadi penghambat kamu diterima kerja, contohnya gimana pak William? Misalkan karena kamu mau diterima kerja, jadi kamu coba bagus-bagusin diri kamu, kamu ga terbuka. Ini malahan menyebabkan kamu susah dapat kerja, lah kok bisa? Ya karena nanti jawaban kamu banyak yang tidak sinkron ketika ditanyakan pertanyaan yang sama di awal, dan di akhir. Jadi jujur saja lah.

Lalu yang kedua biasanya kurangnya kemampuan untuk mengerjakan soal psikotest, saya tidak ngajarin rekan-rekan untuk belajar yang soal kepribadian. Tapi soal test aritmatika, pola, silahkan rekan-rekan pelajari.

Lalu yang ketiga, kurangnya kemampuan spesifik atau expertise yang rekan-rekan miliki. Misalkan orang IT, tidak memiliki skill soal coding atau networking atau management database atau analisa sistem. Lalu melamar di IT, ya pasti susah dapat kerjanya. Dan andaikan lulusan IT rekan-rekan melamar di tempat lain juga ya perlu kemampuan expertise, misalkan mau jadi sales aja deh karena ga suka IT. Ya coba pelajari bagaimana cara membujuk orang, bernegosiasi, dan pelajari cara komunikasi yang baik.

Lalu yang terakhir, selalu milikilah niat dalam hati yang baik. Cobalah menenangkan diri sebelum mengikuti proses-proses interview, berdoa dulu, pikirkan yang baik-baik, dan jangan lupa minta restu orang tua. Sama yang terakhir, PERCAYA DIRILAH dengan SESUAI. Sesuai artinya tidak berlebihan, tidak juga kurang, pas saja.

Jadi rekan-rekan kalau mengalami penolakan dalam proses cari kerja, santai aja. Namanya juga belajar, yang penting kita BELAJAR terus setelah ditolak. Perbaiki diri terus secara konsisten, percayalah pasti suatu saat dapat kerja. Saya sendiri juga sering ditolak melamar kerja, kalau saya dulu berhenti, ya saya masih belum dapat kerja sampai hari ini.

Semoga sukses dan sehat selalu rekan-rekan sekalian.

Penulis : William Wijaya > https://www.linkedin.com/in/william-wijaya-411339105/


Supaya karir meningkat,

TERUS KEMBANGKAN KOMPETENSIMU

Ikuti training online yang memberikan sertifikat bukti kompetensi.
Sertifikat diakui oleh industri manufaktur, mining, hingga perkebunan.
Diterima di Indonesia, Mongolia, Vietnam, Malaysia, dan Timor Leste.