Hari ini saya sharing ke team members saya yang muda-muda termasuk seorang #freshgrads yang baru bergabung ke team saya kemarin.
Bahwa dalam bekerja kamu tidak boleh stuck terkunci di rutinitas atau day to day work, yang hanya mengerjakan itu-itu saja secara berulang setiap harinya.
Kamu akan cepat jenuh dan bosan.
Luangkan waktu untuk melihat alur proses pekerjaanmu secara big picture nya, gambaran besarnya dalam skema sederhana:
INPUT —> PROCESS —> OUTPUT
Apa input yang men-trigger proses kerjamu, dan apa output sebagai hasil kerjamu.
Lalu evaluasi potensi adanya cara kerja yang lebih baik atau lebih efisien melalui tahapan:
- OBSERVATION, apa input pekerjaanmu, dan apa output yang diharapkan?
- RESEARCH, riset atau pelajari proses kerja sekarang dan alternatif proses kerja yang memungkinkan.
- HYPOTHESIS, buat hipotesa kemungkinan perbaikan dengan cara kerja baru.
- EXPERIMENTAL TEST, coba kerjakan dengan cara baru sesuai hipotesa tadi.
- ANALYZE & CONCLUSIONS, analisa hasilnya dan apa konklusinya.
- PROPOSAL & DISCUSSION, ajukan temuan proses kerja barumu itu ke atasan dan team terkait.
- STANDARDIZATION & IMPLEMENTATION, kalau sudah disetujui maka lakukan standarisasi dan implementasi.
Lakukan itu di setiap specific jobdesc kamu, maka pekerjaanmu tidak akan pernah membosankan.
Siap?
Penulis : Rangga Primanto > https://www.linkedin.com/in/ranggaprimanto
JADILAH LEBIH KOMPETEN