Kerja tidak cepat Jenuh / Bosan

Hari ini saya sharing ke team members saya yang muda-muda termasuk seorang #freshgrads yang baru bergabung ke team saya kemarin.

Bahwa dalam bekerja kamu tidak boleh stuck terkunci di rutinitas atau day to day work, yang hanya mengerjakan itu-itu saja secara berulang setiap harinya.

Kamu akan cepat jenuh dan bosan.

Luangkan waktu untuk melihat alur proses pekerjaanmu secara big picture nya, gambaran besarnya dalam skema sederhana:

INPUT —> PROCESS —> OUTPUT

Apa input yang men-trigger proses kerjamu, dan apa output sebagai hasil kerjamu.

Lalu evaluasi potensi adanya cara kerja yang lebih baik atau lebih efisien melalui tahapan:

  1. OBSERVATION, apa input pekerjaanmu, dan apa output yang diharapkan?
  2. RESEARCH, riset atau pelajari proses kerja sekarang dan alternatif proses kerja yang memungkinkan.
  3. HYPOTHESIS, buat hipotesa kemungkinan perbaikan dengan cara kerja baru.
  4. EXPERIMENTAL TEST, coba kerjakan dengan cara baru sesuai hipotesa tadi.
  5. ANALYZE & CONCLUSIONS, analisa hasilnya dan apa konklusinya.
  6. PROPOSAL & DISCUSSION, ajukan temuan proses kerja barumu itu ke atasan dan team terkait.
  7. STANDARDIZATION & IMPLEMENTATION, kalau sudah disetujui maka lakukan standarisasi dan implementasi.

Lakukan itu di setiap specific jobdesc kamu, maka pekerjaanmu tidak akan pernah membosankan.

Siap?

Penulis : Rangga Primanto > https://www.linkedin.com/in/ranggaprimanto