Logistics Vs Supply Chain, Sama atau Berbeda?

Beberapa orang yang bertanya kepada saya apakah hal ini sama atau berbeda. Beberapa dari mereka juga menjelaskan kepada saya mengenai pengertian mereka masing-masing terhadap kedua hal ini dan semuanya benar (tidak ada yang salah ^_^), tetapi memang harus ditarik benang merahnya sehingga bisa dimengerti dengan lebih baik. Maka dari itu pada postingan kali ini, saya mencoba untuk membagikan pengertian saya mengenai kedua hal ini.

Dikutip dari berbagai sumber, Logistics adalah aktivitas untuk mengatur, menyimpan dan mengirim barang kepada konsumen.
Sedangkan Supply Chain (rantai pasok) adalah aliran pengelolaan arus barang dari pengadaan bahan baku, lalu memprosesnya menjadi barang jadi untuk kemudian di distribusikan kepada konsumen.
Sehingga ketika kita lihat benang merahnya bahwa kedua kegiatan ini sama-sama memiliki tujuan untuk menyampaikan barang ke konsumen.

Tetapi terdapat beberapa perbedaan mendasar dari kedua aktivitas ini yang saya pahami sebagai berikut :

  1. Logistics merupakan bagian dari Supply Chain dimana Supply Chain sendiri mencakup aktivitas dari dari awal hingga akhir (end to end activity) mulai dari pengadaan, pembuatan sampai dengan pengiriman barang.
  2. Dalam menjalankan tugasnya kebanyakan Supply Chain berhubungan dengan persediaan, perencanaan dan produksi. Sedangkan Logistics sangat berkorelasi terhadap permintaan (order) serta pengiriman barang ke konsumen.
  3. Logistics berfokus kepada aliran barang dari dalam (internal) sampai ke konsumen. Sedangkan Supply Chain bertanggung jawab terhadap hubungan dengan pemasok bahan baku (purchasing), pembuatan produk (production) sampai dengan pengiriman barang ke konsumen (logistics).

Melihat ketiga perbedaan diatas kita dapat pahami bahwa pada dasarnya Logistics merupakan bagian dari Supply Chain yang mencakup aktivitas pengelolaan permintaan, penyimpanan dan pengiriman barang ke customer; dimana kegiatan Supply Chain dimulai dari pengadaan, produksi dan kegiatan Logistics itu sendiri.

Semoga postingan ini dapat memberikan pengertian yang lebih sederhana kepada rekan-rekan yang saat ini bertanya mengenai perbedaan antara Logistics dan Supply Chain. Dan jika diantara rekan-rekan ada yang mau meluruskan atau menambahkan postingan saya ini, maka saya sangat terbuka sehingga dapat menjadikan tambahan bagi kita bersama.

Penulis : Jimmy Haposan Parlindungan > https://www.linkedin.com/in/jimmy-haposan-parlindungan-11393194/