Privilege Itu Apa?

Banyak orang bawa-bawa istilah “privilege” tanpa memahami arti dari istilah itu sendiri.

Privilege adalah hak, manfaat, atau keuntungan yang hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu dan tidak dimiliki oleh semua orang.

Jadi sebetulnya privilege itu nggak harus selalu sesuatu yang merupakan warisan orang tua. Kita juga bisa kok berusaha menciptakan privilege untuk diri kita sendiri.

Misalnya soal dapat tawaran kerja dari orang-orang yang terkesan dengan performa kita di waktu yang lalu. Hal itu adalah privilege yang lahir dari kerja keras kita sendiri. Jadi kata siapa kita harus punya orang tua kaya raya hanya untuk bisa punya koneksi?

Kemudian banyak di antara kita yang nggak sadar bahwa bisa mengenyam pendidikan hingga bangku perguruan tinggi atau hal sederhana seperti bisa memiliki ponsel lengkap dengan paket datanya itu juga merupakan privilege yang tidak dimiliki semua orang.

Namun sayangnya, tidak semua orang yang memiliki privilege menyadari dan memanfaatkan privilege mereka dengan baik. Itulah sebabnya ada lulusan perguruan tinggi yang bisa sukses berkarier, tapi ada juga yang kariernya biasa-biasa saja. Sama halnya dengan ponsel. Ada yang bisa dapat uang menggunakan ponselnya, ada juga yang tidak.

Jadi berhentilah meributkan soal privilege yang tidak kita miliki! Lebih baik kita berusaha untuk menciptakan privilege untuk diri kita sendiri menggunakan segala sesuatu yang sudah kita miliki di hari ini.

Keep fighting for your future, great people!

Penulis : Riffa Sancati > https://www.linkedin.com/in/riffa-sancati-60527b9a/


JADILAH LEBIH KOMPETEN

Dapatkan Sertifikat Kompetensi